-->








Bupati TS Resmi Buka Seminar Aceh Selatan Menuju Poros Maritim Nasional

15 Agustus, 2017, 22.34 WIB Last Updated 2017-08-15T15:34:13Z
ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan H.T. Sama Indra, SH, menghadiri pelantikan pengurus Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI), sekaligus membuka secara resmi seminar dengan tema "Aceh Selatan Menuju Poros Maritim Nasional" di Rumah Agam, Tapaktuan Aceh Selatan, Selasa (15/08/2017).

Dalam sambutannya, Bupati H.T. Sama Indra mengucapkan selamat datang di Kabupaten Aceh Selatan kepada Prof. Rukhmin Dahuri semoga membawa berkah dan rahmat bagi Aceh Selatan yang sudah terjadwal 30 jam.

"Hari ini bapak sudah bersedia mengelilingi Aceh Selatan dengan melihat potensi yang ada di kabupaten kami ini," ucapnya.

Dijelaskannya, lebih dari 7000 masyarakat Aceh Selatan berprofesi menjadi nelayan. Kondisi ini menjadi perhatian serius dari Pemerintah Aceh Selatan, dengan kondisi ini pemerintah tetap mengupayakan untuk keberlangsungan para nelayan untuk hidup sejahtera.
"Namun kondisi ini apabila diharapkan dengan Anggaran Belanja Pendapatan Daerah kabupaten (APBK) tidak cukup sepenuhnya mengakomodir keseluruhan sektor ini. Karena anggaran diperuntukkan untuk pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi masyarakat seluruhnya," katanya.

Lanjut Bupati TS, Aceh Selatan mempunyai pelabuhan yang sangat sentral yaitu Labuhanhaji, pelabuhan pontensial untuk mendongkrak perekonomian bawah masyarakat Aceh Selatan. Dan pelabuhan tersedia sangat membantu perkonomian kabupaten tetangga yaitu Simeulue.

"Bila dibandingkan dengan pelabuhan di Aceh salah satunya dengan pelabuhan Ule Lheu di Banda Aceh, Labuhanhaji relatif tertinggal padahal sama-sama menjadi pelabuhan yang mengakomodir logistik kabupaten kota. Dimana pelabuhan Ule Lheu menjadi sarana tranpotasi masyarakat menuju Sabang, dan Labuhanhaji merupakan sarana masyarakat menuju Kabupaten Simeulue," terangnya.

Ia menambahkan, transportasi laut sangat efektif karena segala kebutuhan barang yang akan dipasok dari Sumatera Utara saat ini lebih mengutamakan jalur darat, sehingga ruas jalan pantai barat selatan Aceh sering rusak, sehingga masyarakat pengguna jalan sering terhambat akibat jalan yang sering dilalui kendaraan bertonase berat.

"Kami melihat potensi ini berada di Aceh Selatan, penghujung Agustus agar Prof.  Rukhmin Dahuri dapat menjabat kembali nantinya. Kami gantungkan harapan Aceh Selatan kepada bapak," lanjutnya.

"Kepada yang baru dilantik, saya ucapkan selamat. Ganti adalah sebagai sayap partai yang berkuasa saat ini. Orang yang paling dekat dengan Presiden Jokowi," tandas Bupati TS.[FA]
Komentar

Tampilkan

Terkini