-->




Sah! Bupati-Wakil Bupati Nagan Raya Sudah Dilantik Gubernur Irwandi

09 Oktober, 2017, 19.12 WIB Last Updated 2017-10-09T12:12:15Z
NAGAN RAYA - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf melantik pasangan Jamin Idham dan Chalidin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya periode 2017-2022, Senin (09/10/2017). Pelantikan digelar dalam Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRK setempat, Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Usai prosesi pelantikan, dalam sambutannya, Irwandi Yusuf mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati  Nagan Raya periode 2017-2022. Dari lima kandidat yang maju, pasangan Jamin Idham dan Chalidin memperoleh suara terbanyak, yaitu sebesar 45,88 persen suara. Data ini menjadi bukti bahwa pasangan ini mendapat kepercayaan paling besar dari penduduk di Nagan Raya.

"Dalam kaitan ini, kami mengharapkan agar program, visi dan misi yang saudara usung, dapat seiring sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Aceh," sebut Irwandi.

Dikatakannya, meski usianya baru 15 tahun, tapi berdasarkan Indeks Keberhasilan Ekonomi Kementerian Dalam Negeri, Kabupaten Nagan Raya ini tergolong cukup berhasil. Penilaian ini didasari beberapa faktor, diantaranya, pendapatan daerah yang tergolong cukup lumayan, pertumbuhan ekonomi yang mencapai di atas 4 persen, serta optimalisasi sumber daya alam yang cukup baik.

"Saudara berdua harus dapat memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya agar dalam lima tahun ke depan Nagan Raya semakin maju dan berkembang," harap Gubernur Irwandi.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Aceh juga menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian:

1.​ Dalam membangun sektor ekonomi, fokus pada sumber daya yang ada, terutama di sektor perkebunan, pertanian dan perikanan. Kembangkan semua infrastruktur yang dibutuhkan untuk sektor itu.

2.​ Nagan Raya juga sangat kaya dengan bahan tambang, semua itu tentu membutuhkan sentuhan investor agar bisa dikelola dengan baik. Namun, dalam mengelola potensi ini, saya berharap Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, tetap memperhatikan lingkungan hidup, agar keseimbangan alam, tetap terjaga.

3.​ Sebagai  wilayah yang berlokasi di kaki Gunung Leuser, Pemerintah Nagan Raya diharapkan dapat berperan menjaga kelestarian Taman Nasional Gunung Leuser.

4.​ Dalam rangka meningkatkan potensi perikanan tangkap di wilayah ini, beri perhatian untuk meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan ikan tangkap di Kuala Tuha. Usaha perikanan darat yang banyak dikembangkan masyarakat juga perlu mendapat perhatian.

5.​ Sebagai wilayah lintasan di kawasan pantai barat selatan, Kabupaten ini juga potensial mengembangkan sektor  jasa dan perdagangan. Ditambah lagi dengan kekayaan sumber daya alamnya, Nagan Raya sangat berpeluang dilirik para investor. Oleh sebab itu sistem izin investasi perlu ditingkatkan. Berilah kemudahan untuk kalangan dunia usaha dalam mengembangkan usaha di daerah ini. 

6.Dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan transparan, terus tingkatkan semangat reformasi birokrasi. Bangun komunikasi efektif dengan legislatif. Upayakan pembahasan dan pengesahan APBK tepat waktu agar pembangunan setiap tahunnya dapat dimulai lebih awal.

7.​ UUPA menegaskan bahwa Gubernur merupakan Wakil Pemerintah Pusat di Daerah. Sehubungan dengan itu, saya berharap saudara berdua bisa membina komunikasi dan kerjasama yang baik dengan kami.

"Terimakasih kepada Saudara Drs.H.T Zulkarnaini selaku Bupati Nagan Raya selama dua periode terakhir ini. Dan kepada Saudara Jamin Idham dan Chalidin sebagai  Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya, saya ucapkan selamat bekerja," demikian ujar Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf di akhir sambutannya.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini