Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Camat Jeumpa Minta Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Share it:
ABDYA - Rendahnya kemauan masyarakat menjaga kebersihan lingkungan sangat berdampak buruk pada kesehatan dan juga mengakibatkan saluran pembagi irigasi banyak yang tersumbat. Ini semua dikarenakan kebiasaan masyarakat setiap waktu membuang limbah rumah tangga ke saluran irigasi.

Menyikapi hal tersebut, Camat Kecamatan Jeumpa, H.T Nasrul, Skm, kepada LintasAtjeh.com, Kamis (25/01/2018), mengatakan sudah berulangkali kita ingatkan dengan cara sosialisasi tentang dampak sampah, menyiapkan tong sampah dan motor pengangkut sampah oleh desa. Hal ini agar masyarakat yang tinggal berdekatan dengan saluran irigasi pembagi tidak membuang limbah rumah tangga atau barang-barang yang tidak dipakai lainnya ke saluran tersebut.

"Kita sudah ingatkan masyarakat tapi masih tetap juga sampahnya dibuang ke dalam saluran irigasi. Bahkan Ketua Koptan Kejrun Blang juga ikut mengingatkan masyarakat, tapi memang masyarakat kurang mau peduli tentang ini," ungkap Nasrul.

Yang lebih parah lagi, kata Nasrul, bukan hanya limbah rumah tangga saja yang dibuang kesitu, tetapi pohon pisang, pinang juga ikut dimasukkan ke saluran irigasi. Atas kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan membuat Koptan dan Keujruen punya tugas baru setiap paginya.

"Sayang Koptan dan Kejruen setiap pagi harus mengontrol dan mengangkat sampah yang tersumbat. Malah beberapa waktu lalu akibat banyak sampah dalam saluran sehingga saluran tertahan dan menganggu suplai air ke persawahan masyarakat," ujar T. Nasrul menyayangkan sikap masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Jeumpa.

Terkait hal tersebut, T. Nasrul juga meminta kepada Kepala Puskesmas Jeumpa melalui Bidang Sanitasi untuk segera mensosialisasikan secara terus menerus ke masyarakat tentang dampak sampah dan cara pengelolaan sampah organik dan non organik. Ini semua harus dilakukan cepat guna untuk kemaslahatan bersama.

"Walaupun selama ini tidak ada respon dari masyarakat sekitar saluran irigasi, tapi kita tetap mengingatkan jangan buang sampah sembarangan," demikian tuntas Nasrul.[ADI S]
Share it:

news

Post A Comment: