-->








Tumbo Baro Belajar Tata Kelola Pemerintahan di  Blang Krueng  

25 Februari, 2018, 23.21 WIB Last Updated 2018-02-25T16:21:51Z
ACEH BESAR - Pemerintahan Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Minggu (25/02/2018), melakukan kegiatan study banding ke Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar.  

Keuchik Tumbo Baro H. Khalid Wardana, M.Si, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari tentang tata kelola administrasi pemerintahan gampong dan pemberdayaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Dipilihnya Gampong Blang Krueng tidak terlepas dengan keberhasilan gampong tersebut dalam melakukan berbagai inovasi dan pemberdayaan masyarakat. 

Bahkan pada tahun 2016 terpilih sebagai juara 1 lomba gampong tingkat provinsi dan juara nasional BUMDes katagori partisipatif dengan meraih penghargaan dari kementerian desa dan daerah tertinggal. 

Di Blang Krueng telah tumbuh berbagai unit usaha yang menjadi income bagi masyarakat dan gampong seperti penyewaan tratak dan pelaminan, peternakan, produksi kue, bank sampah, hand traktor, ruko dan rumah sewa, depot elpiji dan air minum, usaha keuangan simpan pinjam dan saat ini telah bergerak dalam bidang pendidikan dengan membuka PAUD IT dan SDIT.  

Kunjungan study banding dipimpin Keuchik Tumbo Baro, H. Khalid Wardana, M.Si dan Ketua Tuha Peut Drs. Bustaman bersama para perangkat gampong dan langsung disambut oleh Keuchik Blang Krueng T. Muslim bersama aparat gampong. Dalam pertemuan yang dimediasi oleh fasilitator kabupaten yang juga tokoh Blang Krueng Teuku Badlisyah banyak dilakukan curah pikiran dan berbagi pengalaman antara kedua gampong tersebut.    

Menurut Keuchik Tumbo Baro yang juga Wakil Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Kabupaten Aceh Besar, H. Khalid Wardana mengatakan bahwa Gampong Blang Krueng dapat menjadi rujukan bagi gampong gampong lain yang ada di Aceh.

"Jadi para keuchik tidak mesti study banding ke luar Aceh tetapi bisa datang ke Gampong Blang Krueng yang telah lebih maju dalam tata kelola pemerintahan dan BUMG," jelasnya.[*]
Komentar

Tampilkan

Terkini