Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Upacara Peringatan Harkitnas ke- 110 

Share it:
ACEH SELATAN - Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 110 tahun 2018, bertempat di lapangan apel Makodim 0107/Asel, Desa Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan, Senin (21/05/2018).

Upacara bendera tersebut dipimpim oleh Kasdim 0107/Asel Mayor Inf Ferdinand selaku Irup dan menjadi Komandan upacara (Danup) Kapten Inf Abdurokhim, S.Ag, Perwira upacara (Paup) Kapten Inf Kamsita Sari serta diikuti segenap prajurit perwira, bintara, tamtama dan PNS Kodim 0107/Asel.

Peringatan Harkitnas kali ini, pemerintah pusat Republik Indonesia melalui Menteri Komunikasi dan Informatika mengusung tema "Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital".

Perlu kita ketahui bersama, dalam pelaksanaan peringatan Harkitnas ke-110, seluruh prajurit Kodim 0107/Asel dituntut harus dapat memahami konsep amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Kasdim Mayor Inf Ferdinand.

Maknanya adalah bahwa Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah namun itu sumber daya terbatas. Butuh segudang persyaratan untuk dieksploitasi, dan selalu ada limit untuk memggenjot pemanfaatannya. 

Sedangkan sumber daya manusia kita menyediakan kapasitas dan kapabilitas sangat luas untuk dikembangkan. Kebangkitan sumber daya manusia indonesia inilah yang harus kita kelola secara bersama-sama dan kompak, tanpa terdistraksi oleh godaan-godaan yang kontraproduktif,  akan membawa kepada kejayaan bangsa, selain  selain secara otomatis bagi individu-individu nya sendiri 

Oleh sebab itu tema yang diusung dalam peringatan hardiknas ke 110 harus dimaknai dengan upaya upaya penyadaran setiap masyarakat indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut peluang yang dibuka oleh berbagai pihak. 

Menurut perhitungan para ahli, sekitar 2 tahun lagi kita akan memasuki sebuah era keemasan dalam konsep kependudukan, yaitu bonus demografi yang menyuguhkan potensi keuntungan bagi bangsa karena proporsi penduduk usia produktif lebih tinggi dibanding penduduk usia non-produktif.

Maka, dalam berbagai hal bapak Presiden Joko Widodo selalu mendorong dunia pendidikan, bekerjasama dengan industri dan bisnis untuk mencari terobosan-terobosan baru dalam pendidikan vokasi.

Generasi bonus demografi yang kebetulan beririsan dengan generasi milenial kita tersebut pada saat yang sama juga terpapar oleh massifnya perkembangan tehnologi, terutama tehnologi digital.

Digitalisasi dalam berbagai bidang juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia.

Menteri komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara menghimbau kepada kita semua untuk menyadari bahwa pentingnya teknologi dan ia juga mengajak untuk memaknai Hardiknas ke- 110 di lingkunga kita masing-masing.

"Mari maknai peringatan tahun ini dilingkunga kita masing-masing sesuai lingkup tugas. Untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia terutama generasi muda yang akan membawa kejayaan bangsa ditahun-tahun mendatang," tutup Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara dalam amanatnya yang dibacakan Kasdim 0107/Aceh Selatan Mayor Inf Ferdinand.

Penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke- 110 pada hari Senin tanggal 21 Mei 2018 berlangsung aman, tertib dalam suasana khidmat dan sederhana.[FA/MT]
Share it:

varia

Post A Comment: