Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Mustafril: Bibit Pala Sabutan Sudah Teruji Hasilnya!

Share it:
ACEH SELATAN - Ketua Forum Pala Aceh Selatan Dr. Mustafril, ST, M.Si, menyebutkan bahwa hasil bibit pala sambungan dengan bibit pala hutan (Sabutan) sudah berhasil atau teruji yang dibudidayakan oleh Forum Pala selama ini.

"Pala Sabutan selama 3-4 tahun sudah mulai berbuah," kata Mustafril kepada awak media, di Kantor Forum Pala, Tapaktuan, Sabtu (12/05/2018). 

Hal itu dikatakan mengklarifikasi pernyataan mantan Bupati Aceh Selatan H. T. Sama Indra, SH. Sebelumnya, mantan Bupati Aceh Selatan H.T Sama Indra menyebutkan alasannya enggan mendukung LSM Forum Pala karena Pala Sabutan tersebut belum teruji.

Seterusnya, kata dia,  dengan pernyataan mantan Bupati Sama Indra, masyarakat Aceh Selatan agar tahu bahwa selama ini Forum Pala tidak pernah dibantu oleh pemerintah daerah.

"Pernyataan itu saya ambil positif saja," katanya.

Perlu diketahui, Forum Pala punya dana tersendiri dari UNSAID Lestari. Pemerintah daerah hanya membantu tenaga penyuluh dan itupun dibayar oleh Forum Pala.

"Kami Forum Pala setiap 
event kegiatan tahunan mengundang dan memberi laporan kepada pemerintah. Begitulah sebuah bukti kami menghormati beliau," ujarnya.

Lebih lanjut, setiap tahunnya Forum Pala mendapat sertifikat dari USAID menandakan laporan bagus. Kemudian, Forum Pala tidak memberi ikan, tetapi memberi pancing kepada masyarakat. Dan dia jelaskan yang menjual pala sambung tersebut adalah petani bukan Forum Pala.

"Harga sebenarnya tidak terlalu tinggi per batang hanya 45 ribu. Keberhasilan sudah dibuktikan oleh Pak Muktaruddin dengan hasil usaha Pala Sabutan tersebut ekonominya meningkat," pungkas Mustafril.[FA]
Share it:

varia

Post A Comment: