Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Safari Ramadhan, Dandim Cianjur Buka Puasa Bersama Ponpes At-Taqwa

Share it:
CIANJUR - Pondok Pesantren (Pontren) At-Taqwa bersama Dandim 0608/Cianjur melaksanakan kegiatan Buka Bersama (Bukber) antara Tokoh Agama (Toga), Tokoh Masyarakat (Tomas), bertema "Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah Tahun 2018".

Pelaksanaan bukber dan safari Ramadhan tahun 2018 dilaksanakan Ponpes At-Tqwa di Gang Cikidang, Jalan Mochammad Ali No 7 B, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur. Hadir dalam acara tersebut diantaranya Ketua Bravo Kabupaten Cianjur Bambang Adi S, Ketua 234 SC Korwil Jawa Barat Ichwan Nezt, para santriwan dan satriwati serta masyarakat setempat.

Dandim 0608/Cianjur, Letkol Czi (K) Hidayati mengatakan melalui kegiatan Safari Ramadhan sangat merespon baik dan juga ini merupakan ajang silaturrahmi di bulan penuh berkah. Moment baik di bulan suci Ramadhan ini senantiasa terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

"Ya, semoga bisa menjadi berkah dan menjadi catatan amal soleh di kemudian hari. Pertemuan ini dapat mempererat tali silaturrahmi. Konteknya upaya untuk menyatukan umat dan memperkuat ukhuwah islamiyah," kata dia kepada beberapa awak media, Kamis (07/06/2018).

Masih kata Dandim 0608/Cianjur, dengan ibadah puasa kita bisa merasakan haus, lapar dan menahan hawa nafsu dari sebuah perasaan atau kekuatan emosional yang besar dalam diri seorang manusia. Selain itu sebagai momentum silaturrahmi antar umat menjaga untuk keharmonisan dan keamanan di Kabupaten Cianjur.

"Kita harus senantiasa selalu bersyukur, maka Allah SWT akan menambah nikmat kepada kita," katanya.

Melalui pelaksanaan Safari Ramadhan tersebut, Dandim 0608/Cianjur juga mengingatkan kepada jamaah agar selalu menjaga ketenangan dalam beribadah. Kepada seluruh elemen masyarakat, saya mengajak untuk sama-sama menjaga ketertiban, sehingga selama bulan Ramadhan ini agar suasana tetap aman dan kondusif.

Selain itu, bulan Ramadhan memang merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan tali silaturrahmi. Tidak hanya bagi umat muslim namun juga bagi seluruh umat manusia.

"Sehingga di bulan yang penuh berkah ini, kita dapat meraih kebahagiaan dan ketenangan jiwa di dalam hidup," ujar Dandim Cianjur.

Sementara salah satu pimpinan Pondok Pesantren (Pontren) At-Taqwa, Ustadz Umar menyampaikan melalui buka bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat baik untuk menambah saudara dan meningkatkan keakraban sesama muslim.

"Makna dari bulan Ramadhan seperti contoh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW melalui instrospeksi diri, melawan segala bentuk godaan hal negatif lainnya. Intinya menahan amarah, emosi, maksiat dan tidak korupsi serta lainnya," terangnya.

Sedangkan Ketua Bravo Kabupaten Cianjur, Bambang mengungkapkan  di bulan puasa ini menjadi momentum untuk  meningkatkan keimanan individu dan untuk menjalin erat hubungan silaturrahmi.

"Baik itu antara sesama dan memang merupakan moment yang tepat untuk meningkatkan tali silaturrahmi. Tidak hanya bagi umat muslim namun juga bagi seluruh umat manusia," ungkapnya.

"Sehingga di bulan yang penuh berkah ini, kita dapat meraih kebahagiaan dan ketenangan jiwa di dalam hidup. Dimana di bulan puasa bisa terkonsolidasi dengan momentum silaturrahmi dengan mengadakan berbagai kegiatan. Buka bersama bisa dimaknai sebagai ajang silaturrahmi antar umat yang sedang menjalankan ibadah puasa, tujuannya tentu untuk saling mempererat hubungan sesama umat muslim," pungkasnya.
Selain bukber juga diisi berbagai bidang kegiatan keagamaan, seperti tausyiah dan kegiatan lainnya untuk mempererat tali silaturrahmi serta diskusi. Kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjam'ah.[*]

Share it:

syiar

Post A Comment: