Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Musim Tanam Gadu 2018, Petani Padi Jeumpa Kejar Target! 

Share it:
ABDYA -  Tahap pertama pengolahan tanah di Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) selesai dilakukan petani pada musim tanam gadu tahun 2018 mencapai 95 persen.

Hal tersebut dikatakan Kepala Koordinator Penyuluh Kecamatan (KPK) Jeumpa, Syarifuddin, SP, kepada LintasAtjeh.com, Jum'at (06/07/2018), di Blangpidie.

Menurutnya, dari 12 desa yang ada di Kecamatan Jeumpa dengan jumlah luas lahan sawah 947 ha semua sudah selesai dibajak. 

"Kalaupun masih ada mungkin hanya tinggal sedikit lagi. Itupun lahan sawah yang tidak dialiri air karena debit air sungai kecil," katanya.

Ditambahkannya, terlambatnya pengolahan tanah di Kecamatan Jeumpa dikarenakan banyak lahan sawah tidak teraliri air. Hanya tiga desa saja yang mendapat suplai air dari irigasi Krueng Susoh selebihnya masih memanfaatkan aliran sungai yang ada di desa masing-masing.

"Kalau untuk Desa Ladang Neubok, Aso Nanggroe dan Padang Geulumpang mendapat suplai air dari irigasi Krueng Susoh. Sedangkan sebagian lain ada yang ada air ada yang tidak ada sama sekali," jelasnya.

Namun demikian, katanya, ada sebagian petani padi di Kecamatan Jeumpa yang sudah mulai tanam walaupun belum begitu luas. 

"Semoga saja akhir bulan Juli semua petani di daerah Jeumpa sudah selesai tanam," demikan harap Kepala Koordinator Penyuluh Kecamatan Jeumpa.[Adi S]
Share it:

green

Post A Comment: