-->








Presiden Jokowi Pastikan Kenaikan Dukungan Operasional Babinsa Sudah Diterima

17 Juli, 2018, 16.40 WIB Last Updated 2018-07-17T09:40:19Z
BANDUNG - Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi atas pengabdian dan kerja keras yang telah ditunjukkan seluruh Bintara Pembina Desa TNI AD (Babinsa) di Tanah Air. Ia memahami bahwa Babinsa bersama dengan anggota Polri berada pada baris terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa), baik yang berada di lingkup kerja Kodam III Siliwangi maupun di seluruh penjuru Tanah Air atas pengabdian, dedikasi, dan kerja keras. Bersama-sama dengan anggota Polri menjalankan tugas negara, menjaga keamanan dan ketertiban terutama dalam mengamankan jalannya Pilkada beberapa minggu lalu sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai," tuturnya di Hanggar Lanud Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/07/2018).

Melihat tugas para Bintara yang selalu berada di pelosok desa dan keinginan pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme serta kesejahteraan para Babinsa, Presiden Joko Widodo dalam arahannya kali ini juga memastikan bahwa kenaikan dukungan operasional bagi para Babinsa sebagaimana yang pernah diumumkan Presiden pada Juni lalu telah diterima para anggota di bulan Juli ini.

"Saya menaruh perhatian yang sangat besar pada peningkatan profesionalisme dan terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa. Setiap saya ke daerah bertemu dengan Babinsa selalu yang masuk ke telinga saya mengenai tunjangan kinerja Babinsa," ucapnya.

Sejak tahun lalu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran bagi dukungan operasional Babinsa.

"Ini yang tipe A dari Rp.104.000 per bulan naik menjadi Rp.900.000 per bulan. Catatan-catatan seperti ini perlu saya konfirmasi. Saya dapatnya dari Menteri Keuangan, saya cek katanya Juli sudah diterima. Kemudian yang Babinsa tipe B ini dari Rp.440 ribu per bulan sekarang menjadi Rp.1.200.000 per bulan," ujar Presiden merinci.

Sebanyak 4.505 anggota Babinsa yang hadir kemudian mengonfirmasi bahwa kenaikan besaran dukungan operasional sebagaimana yang disebutkan Presiden itu sudah diterima oleh mereka sejak awal bulan ini.

"Sudah!" sahut para anggota Babinsa kompak saat diminta konfirmasinya oleh Presiden.

Lebih jauh Presiden berujar, kenaikan dukungan operasional ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan para Babinsa yang berada pada baris terdepan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara kita di wilayah pedesaan. Sebab, dalam praktiknya, anggota Babinsa turut terlibat dalam pelayanan sosial kepada masyarakat dan pembangunan di pedesaan.

"Karena saya tahu Babinsa berada pada barisan terdepan dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ikut menjaga ketertiban yang ada di desa-desa," tandasnya.

Turut hadir mendampingi Presiden RI dalam acara ini, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Pj Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan, Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto.[*]
Komentar

Tampilkan

Terkini