Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Pemkab Aceh Utara: Lindungi Buah Hati dari Bahaya Penyakit Campak dan Rubella!

Share it:
ACEH UTARA - Pemkab Aceh Utara melakukan kampanye imunisasi Measles dan Rubella (MR), melalui imunisasi MR guna melindungi buah hati dari penyakit menular tersebut. Untuk diketahui, penyakit measles dan rubella sangat mudah menular dan dapat menyebabkan kecacatan maupun kematian.

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Pemkab Aceh Utara, Khalmidawati, M.Kes, mengatakan sasaran imunisasi MR secara massal akan dilakukan secara bertahap di tempat-tempat yang berbeda. 

"Seperti di puskesmas, polindes, sekolah dan di dayah-dayah dari anak-anak usia 9 bulan sampai di bawah 15 tahun harus mendapatkan imunisasi MR tersebut," ungkapnya.

"Di Kabupaten Aceh Utara, pelaksanaan imunisasi MR telah dilakukan kepada 7000-an anak di empat kecamatan. Ini masih sangat minim, karena di Aceh Utara ada 183.029 anak dan diperkirakan baru 10 persen saja yang sudah dilakukan," pungkas Khalmidawati.

Sementara Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf saat membuka kampanye imunisasi measles dan rubella, dalam sambutannya mengatakan bahwa imunisasi MR bersifat wajib dan tidak  memerlukan izin secara tertulis individual kepada orang tua anak serta diberikan secara gratis ke semua anak sesuai usia dimaksud.

Wabup mengharapkan kepada semua pihak, diantaranya Kapolres,  Dandim, Direktur Rumah Sakit Umum dan MPU Aceh Utara, untuk mendukung imunisasi MR.

"Imunisasi MR tidak akan berjalan dengan lancar, bila tidak ada dukungan dari lintas sektor lintas program," demikian ujar Wabup Aceh Utara, Kamis (02/08/2018).
Fauzi berharap kepada tokoh ulama dan tokoh masyarakat, para kepala sekolah serta guru-guru di Kabupaten Aceh Utara, agar membantu dalam penyuluhan dan penggerakan sasaran supaya masyarakat luas menerima informasi dengan baik.

"Baik terkait tujuannya, waktu dan jadwal serta dapat menggerakkan kelompok imunisasi massal ini sesuai jadwal pelayanannya," terang Fauzi.

Wakil Bupati Fauzi Yusuf  juga menghimbau kepada seluruh organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan serta organisasi keagamaan, untuk mengajak para orang tua anak dan wali agar membawa anak-anak mereka ke tempat pelayanan imunisasi sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Ini untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pelayanan kampanye imunisasi MR. Alangkah baiknya mengajak serta meminta partisipasi media cetak dan media elektronik untuk menampilkan berbagai berita agar masyarakat luas mengetahui. Bisa juga dengan dialog dan diskusi pengumuman penting tentang pelayanan imunisasi MR di Bumi Pase agar berlangsung sukses," tutup Fauzi Yusuf.[Pawang]
Share it:

news

Post A Comment: