-->




HUT Partai Demokrat: SBY Paparkan Capaian Pemerintah Periode 2004-2014

17 September, 2018, 21.01 WIB Last Updated 2018-09-17T14:01:23Z
JAKARTA - Presiden ke-6 sekaligus Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memaparkan pencapaian pemerintahannya selama dua periode. Dalam periode 2004-2014, pertumbuhan ekonomi rata-rata mencapai 6%.

"Sebagai contoh, selama 10 tahun, ekonomi kita tumbuh rata-rata 6%. Kemudian pengangguran turun dari 9,9% menjadi 5,7%. Kemiskinan juga turun dari 16,7% menjadi 10,96%, artinya kita bisa menurunkan angka kemiskinan sekitar 6%, atau setara dengan 8,6 juta orang yang keluar dari jerat kemiskinan. Sementara itu, lingkungan hidup kita makin terjaga. Ini membuktikan bahwa Strategi 4 Jalur dapat kita capai. Berarti pula kita dapat memenuhi janji kita," ujar SBY dalam pidatonya di acara HUT ke-17 PD di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018).

Pendapatan per kapita (GBP) pemerintah saat itu juga disebut SBY naik dari Rp 10,55 Juta menjadi Rp. 36,5 Juta. Selain itu, rasio utang pemerintah terhadap PDB turun dari 56,6% menjadi 25,6%.

"Atas capaian tersebut, sejak tahun 2008, Indonesia menjadi anggota G-20 atau grup negara-negara dengan ekonomi terbesar dunia," jelas SBY.

Untuk bidang pertahanan, SBY menjelaskan keamanan dalam negeri membaik. Indikasinya, selesainya konflik bersenjata di Aceh. Tidak hanya itu, pemerintahan SBY melakukan pembaharuan terhadap alutsista di TNI secara masif.

SBY juga memamerkan pemberantasan korupsi yang tanpa tebang pilih. Ia menegaskan, tidak ada intervensi dari penguasa dalam penegakan hukum.

"Di bidang hukum dan keadilan, kita melakukan penegakan hukum termasuk pemberantasan korupsi yang agresif dan tidak tebang pilih. Pemberantasan terorisme dan kejahatan Narkoba juga kita lakukan secara serius. Satu hal yang kita pegang teguh, tidak ada intervensi kekuasaan dan campur tangan politik dalam penegakan hukum dan keadilan," jelas SBY.

Atas semua capaian itu, SBY menyatakan janji politiknya bersama PD dalam pembangunan Indonesia terwujud. Ia menegaskan, capaian-capaian tadi tidak diperoleh secara asal-asalan dan autopilot.

"Semua hal yang telah kita raih dan capai itu tentulah tidak jatuh dari langit. Ada rencananya, ada programnya, dan ada implementasinya. Ini semua memerlukan kepemimpinan dan manajemen pemerintahan yang efektif dari pusat hingga daerah. Jadi jelas bukan asal-asalan dan bukanlah auto-pilot," ucap SBY.[Detik News]
Komentar

Tampilkan

Terkini