Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Warga Gampong Keude Baro Selamatkan Benda Bersejarah Meriam Kuno

Share it:
ABDYA - Masyarakat Gampong Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil mengamankan sebuah benda bersejarah dari pencurian.

Benda bersejarah yang berhasil diselamatkan itu berupa sebuah meriam peninggalan zaman Belanda yang berukuran dua meter lebih dengan berat diperkirakan mencapai tiga ton di pemukiman warga gampong setempat.

"Barang itu sebelumnya sudah diketahui warga dan Dinas terkait yang letaknya dirawa-rawa jauh dari pemukiman penduduk untungnya berhasil diselamatkan warga dari pencurian," Sebut Keuchik Gampong Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee, Zainun kepada LintasAtjeh.com, Rabu (17/10/2018).

Ia juga menjelaskan, benda bersejarah peninggalan zaman Belanda itu yang berhasil diselamatkan warga sekira pukul 17.30 WIB kemarin dan sudah bergeser sekian ratus meter dari tempat semula serta dibeberapa sisi meriam itu ditemukan bekas gergaji namun tidak berhasil dipotong.

"Untuk mengamankan barang bersejarah itu kami seluruh masyarakat Gampong Keude Baro sepakat menempatkan meriam itu diperkarangan masjid dengan cara disemen," tandasnya.[Adi S]
Share it:

news

Post A Comment: