-->








Senator Fachrul Razi Minta Kapolres Tangguhkan Penahanan Wartawan di Bireuen

23 Desember, 2018, 03.18 WIB Last Updated 2018-12-22T20:18:07Z
JAKARTA - Anggota DPD RI asal Aceh, Fachrul Razi meminta kepada Kapolres Bireuen untuk menangguhkan penahanan atas M. Reza yang merupakan wartawan yang bertugas di Bireuen.

Hal tersebut disampaikan Senator Fachrul Razi kepada awak media, Sabtu (22/12/2018), di Jakarta. 

“Menurut saya, saudara Reza tidak mesti ditahan di Mapolres, mengingat sikap kooperatif dari yang bersangkutan. Saya akan memberikan surat jaminan atas penangguhan penahanan terhadap saudara Reza,” ujar Fachrul Razi yang merupakan Pimpinan Komite I DPD RI.

Sebelumnya diberitakan bahwa M Reza alias Epong Reza (30), seorang wartawan yang bertugas di Bireuen baru selesai menjalani pemeriksaan di Mapolres Bireuen selama 6 jam pada Jum'at, 21 Desember 2018 kemarin. 

Empong Reza yang merupakan wartawan Media Realitas itu ditetapkan penyidik sebagai tersangka dan kemudian langsung ditahan karena dilaporkan H. Mukhlis, A.Md atas tuduhan pencemaran nama baik.

Oleh sebab itu, Fachrul Razi menilai bahwa M. Reza yang diduga telah melakukan tindak pidana penghinaan/pencemaran nama baik melalui media sosial (Facebook) tersebut belum layak untuk ditahan. 

Menurut Fachrul Razi, semestinya pihak kepolisian terlebih dahulu melakukan pengusutan atau kebenaran atas informasi yang disampaikan melalui berita yang dibagikan di akun facebook M. Reza kepada Direktur Utama PT Takabeya Perkasa Grup, H Mukhlis, A.Md tersebut.

"Seharusnya pihak Polres Bireuen melakukan pengusutan atas dugaan benar atau tidaknya PT. Takabeya Perkasa Group mengkonsumsi BBM subsidi dengan menggunakan data-data sebagaimana yang disampaikan oleh M. Reza,” kata Fachrul Razi, MIP.

Fachrul Razi mengatakan bahwa sikap penahanan terhadap Reza bukanlah pendekatan yang harus dipaksakan. Apalagi berbagai kasus khususnya di Bireuen dan Aceh umumnya, tidak terlepas dari peran media dalam mengekspos pemberitaan sesuai dengan UU Pers nomor 40 tahun 1999. 

“Saya yakin Kapolres sangat bijaksana dalam hal ini. Oleh karena itu saya meminta agar penahanan M. Reza dapat ditangguhkan," ungkapnya. 

"Silahkan berpedoman pada UU Pers bukan dengan penahanan seperti ini, apalagi sosok Reza selama ini dikenal bersikap kritis dan objektif,” jelas Fachrul Razi. 

Fachrul Razi juga menyampaikan, kebijaksanaan Kapolres dalam menyikapi permasalahan tersebut sangatlah dibutuhkan. 

“Saya juga kenal betul sosok Kapolres yang memiliki prestasi luar biasa. Karena itu saya minta Kapolres bijaksana dalam masalah ini,” tutup Senator Fachrul Razi.[*] 
Komentar

Tampilkan

Terkini