Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Usia 27 Tahun Bikin Heboh, Enurudi Joko Wijoyo Jadi Kepala Desa

Share it:
PEMALANG - Enurudi Joko Wijoyo membuat heboh di dunia maya. Enurudi Joko Wijoyo terpilih menjadi kepala desa di Kabupaten Pemalang di usia 27 tahun. Usia yang sangat muda untuk seorang kepala desa.

Pelantikan itu dilakukan, 2 Desember 2018 lalu. Saat itu sebanyak 83 kepala desa dilantik setelah terpilih dalam ajang pemilihan kepala desa (Pilkades) secara e-Voting. Dalam 83 nama tersebut terdapat satu nama yang mencuri perhatian warganet, dialah Enurudi Joko Wijoyo.

"Anak Muda Memimpin Desa," tulis @Kubrilclbk dalam akun twitternya yang memuat status Facebook Enurudi dan foto momen pelantikannya.

Dalam status Facebooknya, Enurudi Joko Wijoyo menjabarkan bagaimana perasaan dan usahanya dalam menjadi kepala desa yang dipenuhi oleh pandangan miring orang terhadap calon pemimpin muda.

Enurudi Joko Wijoyo menuturkan bagaimana proses pencapaian yang dijalani dalam menjadi kepala desa. Mulai dianggap anak muda kurang pengalaman, tidak pantas memimpin desa, kepala desa hanyalah jabatan untuk orang tua. Namun ia berkomitmen untuk terus belajar perihal politik dan menjauhi politik uang.

Menurutnya kunci kemenangannya adalah dengan bersikap menghargai dan menghormati dalam setiap pergaulan, rendah hati, sopan santun, adap asor, lembah manah dan tawadhu. Enurudi Joko Wijoyo mengusung narasi "Membangun Semaya secara gotong-royong".

Enurudi Joko Wijoyo ingin membangun partisipasi masyarakatdalam pembangunan desa. Menurut Enurudi Joko Wijoyo, memimpin bukanlah suatu jalan mudah, memimpin adalah menderita. Tulisnya pada tanggal 1 Desember 2018, sehari sebelum pelantikannya.

Enurudi Joko Wijoyo bukan satu-satunya contoh anak muda yang mau berpartisipasi dalam pemerintahan. Pada tahun 2016 lalu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melantik kepala desa. Dalam pelantikan tersebut ada dua kepala desa terpilih yang umutnya masih muda.

Kedua-duanya berumur 26 tahun, Rusdi menjadi kepala desa Rompu Kecamatan Masamba dan Ilham Kepala desa terpilih Hono Kecamatan Seko. Saat itu keduanya baru saja lulus dari kuliahnya, lalu masuk mendaftar sebagai calon dan akhirnya terpilih.

Rusdi kelahiran Rompu 10 Mei 1990 mengalahkan inkumben saat itu, lalu Ilham kelahiran Tanete 21 Januari 1990 mengalahkan 3 calon lainnya termasuk inkumben. Ini membuktikan bahwa saat ini anak-anak muda tak bisa diremehkan lagi diranah pemerintahan.[Suara.com/Keepo.me]
Share it:

news

Post A Comment: