Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Berdayakan Kaum Perempuan, Gampong Meunasah Susoh Dilatih Cara Membuat Sabun 

Share it:
ABDYA - Banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam mengupayakan pemberdayaan peningkatan ekonomi masyarakat, di Gampong Meunasah, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) para kaum perempuan dilatih cara membuat sabun.

 "Kegiatan ini sudah kita laksanakan beberapa waktu lalu dan masyarakat sudah bisa membuat sabun cair, seperti pembersih piring dan pembersih lantai, untuk melanjutkan program ini tinggal lagi kemauan dari kelompok perempuan ," sebut Keuchik Gampong Meunasah, Amiruddin BS yang didampingi Kadus Edi Syahputra dan aparatur lainnya kepada LintasAtjeh.com, Kamis (24/01/2019). 

Menurutnya, pelatihan pembuatan sabun merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat disamping kegiatan yang lain yang juga sudah kita laksanakan seperti ternak bebek serta kegiatan lain, dengan harapan semua kegiatan yang bernilai ekonomi itu mau dilanjutkan semua masyarakat. 

Selain dua kegiatan tersebut, lanjut Amiruddin masyarakat juga di berikan pelatihan cara menjahit, pelatihan pembuatan kue kering dan sejumlah keterampilan lainnya yang tujuannya membuka keinginan masyarakat untuk berusaha lewat program-pogram pemberdayaan. 

"Dengan pemberdayaan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga para penerima bantuan sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan hidup warga," kata Amiruddin. 

Terkait dengan kegiatan fisik, Amiruddin menuturkan, pihaknya juga membuat bahu jalan disepanjang jalan desa, pembangunan rumah sewa, kantor Keuchik,, lapangan voli serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. 

"Setiap program yang kita rencanakan ini sesuai dengan kesepakan dalam Musrenbang desa yang dihasilkan dari musyawarah Gampong," ungkap Amiruddin. 

Terkait anggaran desa yang diterima Gampong Meunasah, disebutkan Amiruddin untuk tahun 2018 pihaknya menerima anggaran sebesar sembilan ratus juta lebih. "Tahun 2018 lalu kita mendapatkan dana desa lebih kurang Rp 926 milyar," sebutnya yang dibenarkan Bendahara Desa Darnadi. 

Pada kesempatan itu, Bendahara Gampong Meunasah, Darnadi mengharapkan, dengan program-program tersebut bisa memacu semangat masyarakat desa untuk melaksanakan kegiatan program pemberdayaan dengan baik. 

"Harapan kita bagi para penerima bisa berhasil meningkatkan kesejahteraan yang pada akhirnya dapat memajukan Gampong Meunasah," ucap Darmadi.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: