-->








Kodim dan BPBD Aceh Selatan Sosialisasikan Sistem Aplikasi INARIKS

08 Februari, 2019, 13.54 WIB Last Updated 2019-02-08T06:54:31Z
ACEH SELATAN - Kodim 0107 Aceh Selatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar sosialisasi Penanggulangan Bencana melalui sistem aplikasi INARISK di wilayah Aceh Selatan," Jum'at (08/02/2019) di Makodim setempat. 

Kepala Pelaksaan BPBD Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, menyampaikan sosialisasi terkait materi tentang beberapa potensi bencana alam yang kemungkikan terjadi di wilayah Aceh Selatan. 

“Tujuan mengembangkan pengetahuan tentang sistem aplikasi INARISK yang digunakan untuk mengetahui potensi dan mengantisipasi besarnya dampak bencana di daerah masing-masing," jelasnya. 

Cut Syazalisma, S.STP, mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut ia memaparkan pemahaman tentang potensi tsunami, pembuatan peta rawan bencana, jalur evakuasi didaerah rawan bencana, hingga kemampuan dasar mitigasi rawan kebencanaan melalui aplikasi INARISK. 

Semetara itu, Dandim 0107 Aceh Selatan melalui Danramil Samadua, Kapten Arh Rahman, menjelaskan peran Kodim dalam penanggulangan bencana meliputi pokok-pokok tanggap darurat dan mekanisme keterlibatan personel TNI AD di tingkat daerah. 

Kriteria bencana alam, sebutnya, yakni prinsip-prinsip dalam penanggulangan bencana alam, serta langkah-langkah yang dilakukan sebelum, selama dan pasca bencana di wilayahnya. 

“Apabila nanti suatu saat muncul pemberitahuan dari aplikasi INARISK di wilayah terjadi hal yang tidak diinginkan diakibatkan oleh alam. Maka Kodim akan segera langsung memberikan bantuan," paparnya. 

Menurutnya, di era digital ini para Babinsa di wilayah Aceh Selatan saat ini juga sangat terbantu akan adanya aplikasi INARISK yang sudah dikembangkan oleh BNPB saat ini. 

“kita sama-sama mengetahui bahwa untuk wilayah Aceh Selatan ini potensi bencana alam di wilayah setempat sangat tinggi. Kami merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi INARISK itu," tandanya. 

Dandim 0107/Aceh Selatan selalu melakukan koordinasi dengan intansi terkait seperti BPBD mengenai setiap daerah yang mempunyai potensi buruk jika terjadi bencana alam. Kodim Aceh Selatan siap bersedia dengan tulus dan ikhlas membantu dalam mengendalikan penanggulangan bencana di daerah sesuai dengan kriteria bencana yang dihadapi. 

"Tentu saja, Kodim Aceh Selatan akan mengerahkan segenap kekuatan dan kemampuan dengan tulus dan ikhlas dari para Babinsa di wilayah yang dimiliki,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Pelaksana BPBD Cut Syazalisma S.STP, Dandim yang diwakili oleh Danramil 05/Samadua Kapten Arh Rahman, Danramil jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan beserta anggota Koramil dari jajaran dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX, serta lainnya.[Irfan]
Komentar

Tampilkan

Terkini