0 Jelang Pileg dan Pilpres, Dandim 0101/BS Buka Pembinaan Netralitas TNI Tahun 2019 - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Jelang Pileg dan Pilpres, Dandim 0101/BS Buka Pembinaan Netralitas TNI Tahun 2019

Share it:
BANDA ACEH - Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS Letnan Kolonel Inf Hasandi Lubis, S.I.P, membuka langsung kegiatan Pembinaan Netralitas TNI Tahun Anggaran 2019, berlokasi di Aula Makodim 0101/BS Jalan S.T.A Mahmudsyah Nomor 32 Gampong Baro Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Jum'at (08/03/2019).

Dandim 0101/BS Letkol Inf Hasandi Lubis, S.I.P, dalam amanatnya menyampaikan, bahwa pentahapan Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) sudah berjalan cukup lama dan sekarang ini sudah memasuki tahapan penyebaran logistik.

"Jangan sampai di tahapan-tahapan ini kita bermasalah apalagi dengan hukum. Akan tetapi regulasi-regulasinya tetap kita laksanakan, namun dalam koridor netral, artinya tidak mengarahan ke pasangan calon (Paslon) manapun," jelas Dandim.

Berikut hal yang dapat membuat netralitas menjadi bermasalah salah satunya fasilitas militer digunakan untuk mendukung kampanye politik dari salah satu paslon, seperti halaman/pekarangan militer, truk militer, tenda militer maupun sarana dan prasana militer lainnya.

"Tidak dibenarkan fasilitas militer digunakan untuk mendukung kampanye politik salah satu Paslon baik dalam bentuk apapun, karena hal itu bisa membuat Netralitas TNI jadi masalah," ungkap Dandim.

Dandim menambahkan, meskipun dalam Pemilu hanya istri anggota TNI atau ibu-ibu Persit yang dapat menggunakan hak pilihnya, akan tetapi ibu-ibu diminta harus bijak dan tetap menjaga nilai-nilai Netralitas.

"Ibu Persit yang punya hak pilih juga harus bijak dan tetap netral jangan menggiring ke salah satu Paslon manapun," pinta Dandim.

Diakhir amanatnya, Dandim menekankan kepada prajuritnya khususnya para Bintara Pembina Desa (Babinsa) agar memahami betul setiap sudut wilayahnya, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama tahapan Pemilu 2019.

"Lakukan koordinasi dengan instansi terkait, apabila menemukan tindak pelanggaran terhadap tahapan-tahapan Pemilu," pungkas Letkol Inf Hasasndi.

Acara tersebut diikuti sekitar120 orang diantaranya Personel Kodim 0101/BS, Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 112/Darma Jaya, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Kota Banda Aceh, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII Dim 0101/BS dan Himpunan Putra Putri Keluarga Besar TNI AD (HIPAKAD).[0101/BS]
Share it:

varia

Post A Comment: