Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Inovasi Aromaterapi Mangat Eh, Karya Mahasiswa Unsyiah

Share it:
BANDA ACEH - Seiring bertambahnya usia, lansia mulai mengalami masalah penurunan kualitas tidur yang dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan fisiologi seperti mudah lelah, lemah, daya tahan tubuh menurun, penurunan aktivitas sehari-hari dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kualitas tidur yang buruk dapat juga mengakibatkan gangguan keseimbangan psikologi mereka, seperti contohnya cemas, tidak konsentasi dan lain sebagainya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) mengajarkan cara pembuatan aromaterapi untuk mengatasi masalah tidur pada Lansia. Mereka menamakan aromaterapi tersebut "Mangat Eh". 

Tim ini terdiri dari mahasiswa Fakultas Keperawatan angkatan 2015 yaitu Ahsana Nadya, Raihana Irma dan Mulya Nisa, serta mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Kimia angkatan 2015 yaitu Farizky Wahyudi dan Muhammad Fadli.

Produk PKM-M Mangat Eh
Pada hari Selasa, 25 Juni 2019, Tim PKM-M Mangat Eh telah melakukan demonstrasi cara pembuatan aromaterapi pada 10 orang Lansia di Panti Geunaseh Sayang. Acara dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi pada lansia tentang cara pembuatan aromaterapi agar dapat mereka buat secara mandiri dan tetap didampingi oleh fasilitator.

Para lansia sangat antusias mengikuti acara demonstrasi tersebut. Salah satu lansia, yaitu Nenek Darwiyah (71) mengatakan bahwa beliau sangat senang bisa berpartisipasi dalam acara ini sehingga dapat menambah ilmu tentang cara pembuatan aromaterapi. Lansia lainnya, yaitu Kakek Abdul Wahab (68) mengatakan bahwa beliau sangat berterimakasih atas kehadiran Mahasiswa Unsyiah yang telah datang ke Panti Geunaseh Sayang dan turut ambil andil dalam menyelesaikan masalah tidur yang selama ini mereka rasakan, seperti tidur yang kurang berkualitas. 

Mereka juga berharap agar para mahasiswa Unsyiah dapat kembali lagi ke Panti Geunaseh Sayang tersebut untuk memberikan edukasi lainnya terkait masalah-masalah kesehatan.[*/Red]
Share it:

news

Post A Comment: