0 AGC Dukung Pengembangan Ekowisata Air Terjun Piramida Bireuen - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

AGC Dukung Pengembangan Ekowisata Air Terjun Piramida Bireuen

Share it:
BIREUEN - Upaya pengelolaan wisata air terjun Piramida yang berada di Desa (Gampong_red) Alue Barat, Kecamatan Samalanga, Bireuen oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Harapan Barat mendapat dukungan Aceh Green Conservation (AGC), organisasi nirlaba yang bergerak di bidang lingkungan.

"AGC mendukung pengelolaan wisata air terjun Piramida yang berada di Alue Barat, Samalanga, namun konsep pengelolaan harus mempertimbangkan aspek ekologi," kata Suhaimi Hamid, Pembina AGC di sela-sela acara silaturrahmi dan penananaman pohon di Alue Barat, Selasa (23/07/2019) siang.

Penghijauan lokasi air terjun Piramida yang berada di Alue Barat digagas Tim Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Tim P3MD) Kecamatan Samalanga bekerjasama dengan Pemerintah Desa Alue Barat. 

AGC juga berkotribusi pada acara tersebut, dimana AGC menyumbang sedikitnya 698 bibit tanaman, berupa mahoni, ketapang, asam Jawa, glodok tiang, pinang hias dan tanjung.

Menurut Suhaimi, pengembangan tempat wisata di Alue Barat tidak bole sebatas pada potensi Air Terjun Piramida semata, namun juga harus dikembangkan potensi wisata agro dan wisata hutan serta pendidikan lingkungan.

"Alue Barat harus menjadi pusat pendidikan tentang penting menjaga air untuk penghidupan yang berkelanjutan," ucap Suhaimi. 

Suhaimi menambahkan, pengembangan wisata Air Terjun Piramida harus secara kaloboratif, dimana masyarakat yang berada di hulu Sub DAS Pandrah harus melindungi kawasan hutan, sehingga sumber air Sub DAS Pandrah dapat dipertahankan. 

"Kita harus menyiapkan segalnya secara konsisten dan berkelanjutan, hutan yang berada di atas air terjun Piramida harus di lestarikan dan dikelola dengan baik, negara saat ini membuka ruang agar rakyatnya bisa mengelola Kawasan hutan lindung dengan skema perhutanan sosisal," jelas Suhaimi Hamid.

Kata Suhaimi, bila masyarakat setempat sepakat untuk mengelola Kawasan Hutan Lindung yang berada di Alue Barat, maka AGC juga siap memfasilitasi permohonan Perhutanan Sosial (PS) ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara Camat Samalanga, Mulyadi, SH, yang turut hadir pada acara tersebut menjelaskan, pihaknya mendukung penuh rencana pengembangan wisata Air Terjun Piramida.

"Pemerintah daerah harus membangun sarana dan prasarana untuk mendukung pengelolaan wisata Air Terjun Piramida," pinta Camat Samalanga. 
Kegiatan silaturrahmi dan penanaman pohon di Alue Barat dihadiri unsur Muspika plus Samalanga, Tim P3MD Kecamatan Samalanga, anggota AGC, Duta Wisata Kabupaten Bireuen dan tamu undangan lainnya.[*/Red]
Share it:

green

news

Post A Comment: