-->








Awas!!! Gunung Tangkuban Perahu Meletus

26 Juli, 2019, 18.32 WIB Last Updated 2019-07-26T11:32:36Z
BANDUNG BARAT - Gunung Tangkuban Perahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mengalami erupsi alias meletus pada pukul 15.48 WIB, Jumat, 26 Juli 2019. Asap erupsi terpantau melebar ke area timur, utara dan selatan.

Kepala Bagian Humas Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana (PVMBG), Titan Roskusumah, mengkonfirmasi peristiwa itu. Menurutnya, tim khusus tengah menuju lokasi untuk melakukan penanganan lebih lanjut. "Tinggi kolom letusan 200 meter," katanya.

Titan menerangkan, proses erupsi di kawasan tersebut terus terjadi. "Erupsi masih berlangsung. Kegempaan saat ini berupa tremor menerus dengan amplitudo semakin menurun," ujarnya.

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Jawa Barat. Sekitar 20 kilometer ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.

Bentuk gunung itu adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.[Viva]
Komentar

Tampilkan

Terkini