-->




Bupati Tinjau Lokasi Expo Ternak se-Aceh di Lapangan Pulau Kayu Abdya 

10 Juli, 2019, 11.34 WIB Last Updated 2019-07-10T04:34:29Z
ABDYA - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim kemarin meninjau lokasi Expo Ternak Se-Provinsi Aceh yang akan diselenggarakan pada 11-14 Juli 2019 di lapangan bola kaki Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Abdya.

"Kita tentu sangat siap menggelar kegiatan ini. Alhamdulillah kita dipercayakan jadi tuan rumah. Mari berpartisipasi pada kegiatan besar ini,” ungkap Akmal, Senin (08/07/2019). 

Akmal menjelaskan, pada acara expo Ternak nantinya akan sangat banyak kegiatan diperlombakan. Selain menampilkan kontes ternak yang meliputi perlombaan ternak sapi, kerbau, kuda jantan, kambing PE jantan dan stan, di acara tersebut juga ada perlombaan kicau burung yang diikut oleh peserta se-Indonesia.

"Beragam ternak nantinya bisa kita lihat di sini. Akan banyak juga ilmu tentang berternak yang dapat kita dapat pada kegiatan ini nantinya,” sebutnya. 

Akmal menambahkan, untuk kategori kontes, meliputi kontes sapi yang terbagi dalam beberapa kelas, yakni kelas ekstrime bebas tahun dan kelas limosin (sapi 2-3 tahun), kelas simental, kelas brangus (2-3 tahun), serta kontes sapi Bali dan sapi Aceh. 

Dalam expo ternak tersebut juga ada kontes kerbau, di kontes ini ada kelas ekstrime yang dikhususkan bagi kerbau jantan. Untuk kontes kuda, juga khusus bagi kuda jantan, begitu juga dengan kontes Kambing peternakan air tawar (PE). 

"Kita juga mengadakan kontes kicau burung. Untuk lomba ini bisa kita bilang lomba tingkat nasional, sebab pesertanya bahkan dari luar Aceh mencapai ratusan peserta. Nanti juga ada jalan santai berhadiah, itu di tanggal 12 Juli. Kontes ayam KUB juga ada. Lomba ini direncanakan satu kecamatan dua peserta yang tampil, dua peserta ini diseleksi di kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Kegiatan ini, sambungnya, selain menjadi ajang menjalin silaturami sesama peternak, juga dapat memotivasi masyarakat agar giat berternak. 

"Kegiatan ini juga sebagai promosi Abdya dan mendongkrak ekonomi masyarakat Abdya. Kita berharap kegiatan ini juga bisa memotivasi masyarakat untuk berternak,” singkat Akmal.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini