-->








Nasionalisme dari Burni Telong Untuk Indonesia 

18 Agustus, 2019, 10.03 WIB Last Updated 2019-08-18T04:23:42Z
BENER MERIAH - Sejumlah pemuda dari beberapa desa di Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Propinsi Aceh, mengibarkan bendera merah putih ukuran raksasa di kawasan gunung Burni Telong dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke 74, Sabtu (17/08/2019). 

Ketua Pembela Tanah Air (PETA) Kabupaten Bener Meriah, Radinal Sagita menuturkan, bendera yang dikibarkan di tiang setinggi 25 meter tersebut, berukuran besar yakni 17x8 meter. 

"Pemilihan lokasi di puncak Burni Telong adalah sebagai pesan kepada segenap bangsa ini. Bahwa nilai nasionalisme terpatri disanubari anak bangsa. Dari Burni Telong untuk Indonesia," sebut Enal sapaan akrabnya. 

Dikatakan, pengibaran bendera merah putih melibatkan sebanyak 70 orang pemuda perwakilan dari desa Panji Mulia Satu, Panji Mulia Dua, Pondok Gajah, Isak Busur, Simpang Tiga dan Pondok Baru. Kemduian, turut serta anggota Koramil 11/WPS Kodim 0106/AT-BM. 

Sebelum melakukan pengibaran bendera dalam sebuah upacara. Terlebih dahulu dilaukan pelipatan bendera pada Jumat (16/08/2019) sore, di titik terdekat seblum mendaki menuju puncak Burni Telong. Dimana, hadir Plt Bupati Bener Meriah Syarkawi.

Kemudian, lanjut Enal,o rombongan bergerak mendaki puncak Burni Telong, berjalan kaki sejauh 700 meter. 

"Kami bermalam di puncak, mendirikan kemah. Bersiap untuk gelar upacara pada pukul 09.15 Wib, Sabtu pagi," urai Enal. 

"Kami berharap, gerakan moral dengan menggelar upacara di puncak Burni Telong ini bisa menginspirasi generasi muda. Untuk terus memupuk semangat nasionalisme, kesetiakawanan sosial dan merajut Aceh damai," tambahnya. 

Seusai upacara pengibaran bendera. Seluruh anggota rombangan bergerak turun dari puncal Burni Telong, menunu lokasi desa terdekat.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini