0 Poktan 'Surya Jaya' Tamiang Hulu Raih Anugerah Puspa Aceh 2019 - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Poktan 'Surya Jaya' Tamiang Hulu Raih Anugerah Puspa Aceh 2019

Share it:
ACEH TAMIANG - Kelompok Tani (Poktan) Surya Jaya, asal Kampung Wonosari, Kecamatan Tamiang Hulu, berhasil mengharumkan nama Kabupaten Aceh Tamiang di tingkat Provinsi Aceh.

Pasalnya, Poktan tersebut baru saja meraih Juara 1 dalam Apresiasi Pelaku Usaha Pangan (Puspa) Aceh tahun 2019. Anugerah Puspa diberikan bertepatan dengan berlangsungnya Rakor Dewan Ketahanan Pangan Aceh, pada 06 s.d 08 Oktober 2019 kemarin, di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Anugerah PUSPA Aceh tahun 2019 diserahkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Teuku Ahmad Dadek, mewakili Plt. Gubernur Aceh, Minggu (06/10/2019). 

Poktan Surya Jaya berhasil unggul dari sejumlah kelompok tani lainnya di Aceh, sebagai pelaku usaha kategori Lumbung Pangan Masyarakat.

Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang, Safuan SP, mengatakan, keberhasilan Poktan tersebut tak lepas dari kemauan yang kuat dari para anggotanya yang bertekad mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah. 

Safuan turut menjelaskan bahwa Pokta  Surya Jaya sudah memiliki lumbung yang berisi cadangan pangan sebanyak 12-14 ton gabah padi. Pengembangan Lumbung pangan masyarakat diatur oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan. 

Terangnya lagi, hal itu terdapat dalam Keputusan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Nomor 55 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat. 

Lanjutnya, persoalan pangan tidak semata menjadi domain tanggung jawab pemerintah namun perlu melibatkan dan memberdayakan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan.

"Sesuai amanat Pasal 33 ayat 2 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan mengamanatkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah memfasilitasi pengembangan cadangan pangan masyarakat sesuai dengan kearifan lokal," demikian kata Safuan yang juga Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Aceh Tamiang. [ZF]
Share it:

varia

Post A Comment: