Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Aceh Tamiang Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2019

Share it:
ACEH TAMIANG - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Kabupaten Aceh Tamiang dengan diraihnya penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2019, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Penghargaan Adiwiyata Nasional diterima Aceh Tamiang melalui SMK Negeri 2 Karang Baru. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri LHK, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc dalam acara penganugerahan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2019, di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, pada Jum’at (13/12/2019) kemarin. 

Menteri LHK, Siti Nurbaya menjelaskan, di tahun 2019 sudah 1.372 sekolah yang diusulkan dinas LHK yang terdiri dari 1.196 sekolah negeri dan 176 sekolah swasta dari 256 kota/kabupaten di 32 provinsi dalam program Adiwiyata Nasional. Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah di Indonesia yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui penerapan perilaku ramah lingkungan hidup oleh warga sekolah.

Selain itu, penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup disekolah, lingkungan sekitarnya dan daerah. 

"Penghargaan ini sebagai tanggung jawab agar para kepala sekolah dan jajarannya bekerja lebih keras dan lebih cerdas untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih berkelanjutan,' kata Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam sambutannya saat membuka acara tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang, Sayed Mahdi, SP, M.Si, MMA, ketika dikonfirmasi LintasAtjeh.com, Senin (16/12/2019) mengatakan, program Adiwiyata sangat dibutuhkan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan hidup. 

Dia menjelaskan, terdapat empat komponen kebijakan yang dinilai dalam program Adiwiyata, yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, kebijakan dalam pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kebijakan dalam mengelola kegiatan lingkungan berbasis partisipasi serta kebijakan dalam pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan. 

"Kabupaten Aceh Tamiang satu-satunya daerah di Provinsi Aceh yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2019. Melalui pemberian penghargaan diharapkan akan memotivasi semua pihak untuk lebih peduli kepada lingkungan hidup," tukasnya.

Diketahui, sebanyak 434 sekolah yang terdiri dari 376 sekolah negeri dan 58 sekolah swasta dari 164 kota/kabupaten berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri. Rinciannya 333 sekolah mendapatkan Adiwiyata Nasional dan 101 sekolah mendapatkan Adiwiyata Mandiri 2019 yang berasal dari 32 provinsi di seluruh Indonesia.[ZF]
Share it:

varia

Post A Comment: