-->








Jelang Akhir Tahun Polres Abdya Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Rencong

19 Desember, 2019, 19.35 WIB Last Updated 2019-12-19T12:35:16Z
ABDYA - Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru 2020 yang tinggal menghitung hari, Kepolisian Resort Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar apel gelar pasukan operasi lilin rencong tahun 2019 dihalaman Mapolres setempat,Kamis (19/12/2019). 

Bertindak sebagai Inspektur apel Kapolres Abdya AKBP Moh Basori Sik, membacakan amanat Kapolri Republik Indonesia Jenderal Idham Azis, menyebutkan, bahwa apel gelar pasukan di laksanakan serentak di seluruh jajaran ini dalam rangka memberi rasa aman kepada seluruh masyarakat dalam merayakan natal dan tahun baru 2020. 

Untuk memberi rasa aman kepada semua masyarakat sudah barang tentu katanya, semua peralatan pendukung pengamanan dan kesiapsiagaan personel, soliditas para pemangku kepentingan dipastikan dalam keadaan siaga serta siap pakai. 

Oleh sebab itu lanjutnya, operasi lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian yang terpusat dilaksanakan selama 10 hari, mulai Senin tanggal 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020. 

"Ada 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara dan ada konflik sosial, tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan serta pesta narkoba ataupun minuman keras," jelasnya. 
Berkaitan dengan hal tersebut sambungnya lagi, seluruh Kasatker harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah. 

Untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, Kapolri juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yaitu: 

Pertama, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME. 

Kedua pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya. 

Ketiga lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkarn masyarakat. 

Keempat laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system. 

Kelima mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi ini, Sebelum mengakhiri amanat saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2019. 

"Teriring doa semoga pengabdian tugas dalam pelaksanaan operasi lilin tahun ini menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa," demikian tutur Kapolres Abdya AKBP Moh Basori Sik. 

Selain Kapolres hadir dalam acara tersebut, Dandim 0110 Abdya Letkol Czi Ridha, Wakil Bupati Muslizar MT, Ketua Pengadilan Negeri Blangpidie, Zulkarnain SH MH, Ketua MPU Tgk Muhammad Dahlan, Danpos AL, Asistem Pemerintahan, Dansubpom, Kasatpol PP, Kadinkes, LLAJ para Camat, Rapi dan tamu undangan lainnya.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini