Iklan

Kompak Minta BPBK Tak Tergesa-gesa Keluarkan Rekomendasi Bencana 

05 Desember, 2019, 11.12 WIB Last Updated 2019-12-05T04:12:07Z
ABDYA - Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Koalisi Masyarakat Pejuang Keadilan (Kompak) Saharuddin, meminta kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) untuk tidak tergesa-gesa mengeluarkan surat rekomendasi bercana terhadap beberapa proyek rusak di wilayah Abdya.

"Memang beberapa hari ini kabupaten Aceh Barat Daya dilanda hujan lebat dan sempat terjadi banjir luapan di beberapa desa," sebut Saharuddin dalam rilisnya yang diterima LintasAtjeh.com, Rabu (04/11/2019). 

Menurutnya, dengan terjadi bencana alam itu mengakibatkan beberapa proyek rusak. Namun pihak BPBK terlalu cepat mengeluarkan rekomendasi kalau proyek yang rusak tersebut disebabkan oleh paktor bencana alam. 

"Alangkah baiknya pihak BPBK melakukan kroscek kembali sebelum mengeluarkan rekomendasi, bisa jadi proyek yang rusak disebabkan oleh pengerjaan proyek tidak berkualitas," tutur Sahar. 

Dia mengatakan, seharusnya pihak BPBK melakukan koordinasi dengan pihak BPK RI untuk melakukan audit terlebih dahulu karena bangunan rusak tersebut harus dilakukan pengecekan kembali apakah pengerjaan proyek tersebut sudah sesuai spek dan berkualitas. 

Supaya tambah Sahar, tidak muncul masalah baru kalau memang kualitas atau speknya kurang, pada masa pemeliharaankan masih bisa diperbaiki kembali. 

"Untuk memastikan semua itu, dalam waktu dekat ini kita juga akan melakukan pengecekan langsung kelapangan terhadap proyek tersebut,"ungkap koordinator Kompak Abdya Saharuddin.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini