Iklan

PT Solusi Bangun Andalas Rehabilitasi Bekas Tambang di Lhoknga

17 Desember, 2019, 23.06 WIB Last Updated 2019-12-17T16:06:56Z
ACEH BESAR - Berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, PT Solusi Bangun Andalas (SBA) melakukan penanaman 265 bibit pohon dalam kegiatan "Quarry Day" bersama dengan Bupati Kabupaten Aceh Besar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, wartawan serta karyawan dan kontraktor di SBA sendiri, Selasa (17/12/209).

"Kegiatan kali ini kita lakukan di area bekas tambang siltstone seluas 5000 m2 milik SBA yang melintasi tiga desa yaitu Desa Naga Umbang, Desa Anek Paya dan Desa Lampaya, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Penanaman yang kita lakukan bersama hari ini, merupakan perwujudan kemitraan dan komitmen bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan demi kelangsungan hidup yang lebih baik kedepan," ujar Durain Parmanoan, General Manager PT Solusi Bangun Andalas.

Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk. Husaini Abdul Wahab, juga menyampaikan apresiasi atas upaya SBA dalam melakukan reklamasi untuk mengembalikan lahan area tambang ke fungsi semula. 

"Kami berharap SBA dapat terus melakukan kegiatan ini agar dapat menghadirkan lingkungan yang hijau dan bermanfaat bagi kita bersama," sahut Tgk. Husaini.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Aceh, Ir. Mahdinur. Menurutnya, kegiatan ini merupakan hal positif yang harus terus dilakukan oleh setiap perusahaan pertambangan. 

"Pelaksanaan yang konsisten dapat memberikan contoh yang baik kepada industri-industri lain di Aceh, tentang praktek penambangan yang baik dan ramah lingkungan," ujarnya.

Rutin melakukan penanaman pohon di area bekas tambangnya, hingga November 2019 SBA telah menghijaukan area tambang siltstone seluas 6,1 hektar dan 15,2 hektar untuk area tambang limestone. PT SBA juga memiliki Nursery Plant (taman pembibitan) di areal pabrik.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini