Iklan

Manfaatkan Dana Desa Ciptakan Gampong Durian Jangek Mandiri  

22 Januari, 2020, 11.52 WIB Last Updated 2020-01-22T04:52:03Z
ABDYA - Membangun kerjasama dan sama-sama bekerja serta menjalin hubungan komunikasi dengan seluruh aparatur dan lembaga Adat Gampong serta masyarakat, menjadi salah satu syarat terpenting dalam memajukan Gampong kearah yang lebih baik. 

Hal itulah yang dilakukan oleh Edi Nurhadi, Keuchik Gampong Durian Jangek, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). 

Kepada LintasAtjeh.com, Selasa (21/01/2020) Ia menjelaskan, selama dipercaya menjadi Keuchik Gampong Durian Jangek banyak kegiatan yang telah dilaksanakan secara bersama sama dengan melibatkan semua pihak demi terciptanya sebuah kemajuan gampong yang berdaya guna untuk semua masyarakat.

Lebih lanjut, katanya, dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat beberapa tahun terakhir telah banyak membantu merubah wajah Gampong, baik dari sisi pembangunan maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat yang lebih terarah guna mengurangi angka pengangguran dan juga kemiskinan. 

Selain berhasil mengelola keuangan dengan baik katanya, Gampong Durian Jangek juga telah membangun rumah sewa sederhana sebagai sumber pendapatan menuju Gampong yang mandiri. 

"Walaupun masih sedikit hasil pendapatan setiap tahunnya, paling tidak kami telah berusaha menjadi Gampong yang mandiri," tutur Edi. 
Selain itu pula lanjutnya, keberhasilan memanfaatkan dana desa tahap demi tahap juga telah mampu memberdayakan kaum wanita untuk belajar kerajinan tangan melalui program pemberdayaan perempuan, dari sektor ini juga diharapkan akan melahirkan pengrajin-pengrajin yang berbakat sehingga dana desa bisa berdaya guna mensejahterakan masyarakat dan juga dapat mengurangi angka pengangguran di Gampong Durian Jangek. 

"Ada berbagai macam kegiatan yang bisa mendatangkan pendapatan keluarga baik secara pribadi maupun kelompok seperti pelatihan menjahit, belajar membuat kue dan membuat tas berikut gorden," Jelasnya. 

Untuk beberapa kegiatan ini sambungnya, para kaum perempuan telah bisa menjahit gorden, jelbab, tas dan juga membuat berbagai jenis kue dengan harapan keahlian yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk keluarga sendiri serta bisa untuk sumber ekonomi. 

"Kita berharap ilmu yang diterima bisa bermanfaat untuk keluarga sendiri dan orang lain sebagainya upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat demi terciptanya Gampong Mandiri," singkat Edi.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini