Iklan

Program Kemitraan, APKASI Tawarkan Pelatihan Terhadap ASN Pemkab Aceh Tamiang

31 Januari, 2020, 14.41 WIB Last Updated 2020-01-31T07:41:18Z
ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar rapat tindak lanjut program kemitraan dengan pihak  APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia).

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati Aceh Tamiang, Kamis (30/01/2020), dan dihadiri oleh perwakilan Bappeda, BKPSDM, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian kabupaten setempat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang, Drs. Zulkarnain Putra, M.Si, menyampaikan bahwa  rapat ini digelar sesuai dengan surat yang terlampir dari APKASI terkait tindak lanjut tentang program kemitraan.

"Semoga para kepala dinas atau yang mewakili dapat menyimak dengan baik program-program yang ditawarkan oleh APKASI," kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang.

Selanjutnya, perwakilan APKASI, Adi, memaparkan bahwa Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) bekerjasama dengan APKASI mempunyai program terkait peningkatan SDM, Penguatan Iman dan Takwa, serta pelatihan Tata Kelola Pendidikan/Pemerintah di Luar Negeri, dan Literasi Kependidikan di Daerah.

Dijelaskan oleh Adi, pada program peningkatan kualitas SDM, seperti penguasaan bahasa Inggris, sengaja  dirancang secara khusus bagi aparatur daerah agar mampu menguasai dan menggunakan bahasa Inggris dengan super cepat.

"Metode ini merupakan hasil ekstrak dari metode baku namun dikemas dengan sangat manarik dan menyenangkan. Untuk itu, setelah mengikuti program ini peserta diharapkan akan menjadi perintis terbentuknya English Camp di daerah masing-masing,” jelasnya.

Lanjut Adi, sedangkan program peningkatan Imtek dan Pelatihan Tata Kelola Pendidikan/Pemerintahan di Luar Negeri, lebih diutamakan kepada para Guru/ASN di daerah. Program ini akan diawali dengan pelatihan Tata Kelola Pendidikan/Pemerintahan di luar negeri dengan tujuan terjalinnya kerjasama positif antar negara demi pendidikan di daerah yang kemudian dilanjutkan dengan Umroh Character Building.

"Selain itu, ada juga program literasi kependidikan yang mana program ini diselenggarakan dengan menerbitkan majalah nasional “Sahabat Guru”. Setiap bulannya majalah ini akan dikirimkan kepada Presiden RI, Kementerian Pendidikan serta ke 416 kabupaten/kota yang ada di seluruh wilayah Indonesia," demikian paparan dari Adi. [ZF]


Komentar

Tampilkan

Terkini