Iklan

Tukang Poklek Uang Kotak Amal Masjid di Aceh Tamiang 'Gagal' Menjalankan Bisikan Syaitan

17 Januari, 2020, 16.53 WIB Last Updated 2020-01-17T09:53:56Z
ACEH TAMIANG - Seorang pencuri (tukang poklek) uang di kotak amal Masjid Nur Hasanah, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang, tertangkap basah ketika sedang melakukan aksinya, Kamis (16/01/2020) malam.

Penangkapan tersebut berawal dari kecurigaan Imam Dusun Emplasmen, M. Jamil Hasbih atas gerak-gerik pelaku karena terkesan sempat berpura-pura membaca Al-quran dan mengelilingi masjid.

Jamil menjelaskan, aksi pencurian itu terjadi selepas shalat Isya berjam'aah. Ketika masjid mulai sepi, pelaku tidak beranjak dari dalam masjid dan tampak berpura-pura membaca Al-qur'an.

Jamil juga menerangkan, karena gerak-gerik pelaku sangat mencurigakan, dirinya berinisiatif mengawasi pelaku dari balik tenda yang terpasang di areal masjid yang sedang tahap renovasi.

Lanjut Jamil, ketika dirinya bersembunyi dan mengintai dibalik tenda, terlihat pelaku mengambil uang dari kotak amal yang diletakkan di bagian teras masjid. 

"Pelaku mengambil uang dalam kotak dengan menggunakan lidi. Sepertinya ujung lidi sudah diolesin lem sehingga uang bisa lengket. Pencahayaannya pakai mancis yang ada senternya," bebernya.

Jamil menambahkan, saat mengetahui aksi mencuri uang di kotak amal telah diintai, pelaku sempat berupaya melarikan diri, namun berhasil dia gagalkan bersama seorang jamaah yang saat itu masih ada di dalam masjid.

Kemudian, Kepala Dusun Emplasmen, Andi, turut menyampaikan, dari saku celana pelaku ditemukan uang sejumlah Rp. 40 ribu, dan dari dompetnya Rp. 100 ribu.

"Usai ditangkap, pelaku sempat dibawa oleh pengurus masjid ke Markas Subdenpom IM/1-6 Aceh Tamiang, 11 tak lama kemudian pelaku dijemput oleh polisi. Identitas pelaku belum diketahui dan hingga kini masih menjalani pemeriksaan di Polsek Karang Baru," pungkasnya.[ZF]

Komentar

Tampilkan

Terkini