Iklan

Wabup Aceh Tamiang Tinjau Lokasi Pembangunan Kawasan Agrowisata di Sekerak

06 Januari, 2020, 20.43 WIB Last Updated 2020-01-06T13:43:23Z
ACEH TAMIANG - Salah satu strategi untuk mendongkrak nilai jual produk-produk pertanian, yakni dengan cara menjadikan produk-produk pertanian bagian dari agrowisata daerah. 

Melalui pengembangan agrowisata juga akan banyak sekali tenaga kerja di desa dapat diberdayakan (pengembangan ekonomi kreatif), menumbuhkan kecintaan generasi muda jaman sekarang untuk terjun ke dunia pertanian, sehingga citra pertanian semakin menguat, dan pada gilirannya dikotomi antar kota-desa akan semakin tereliminasi. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang telah memiliki sejumlah perencanaan untuk membangun kawasan agrowisata, yakni aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian. 

Informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com, pada tahun 2020 ini, Pemkab Aceh Tamiang akan berupaya menjajaki rencana pembangunan  kawasan agrowisata di lokasi air terjun, bertempat di Dusun Jaya, Desa Suka Makmur, Kecamatan Sekerak.

Atas rencana tersebut, Sabtu (04/01/2020) kemarin, Wakil Bupati Aceh Tamiang, HT. Insyafuddin, ST, beserta rombongan melakukan peninjauan ke lokasi air terjun, di Dusun Raya, Desa Suka Makmur, Kecamatan Sekerak.

Adapun para rombongan yang ikut mendampingi Wabup Insyafuddin kemarin, diantaranya,  Kadistanbunnak Yunus SP, Kadisparpora Musrizal S.Pd, Kasatpol PP drh. Asma'i, Camat Sekrak Ilham S.STP, dan Sekcam  Sandi Suhendri.S.STP, serta Datok Penghulu Desa Suka Makmur Abdul Latif.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Yunus, SP, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA), Senin (06/01/2020), mengatakan bahwa kunjungan Wabup Insyafuddin beserta rombongan kemarin, untuk melakukan peninjauan atas rencana membudidayakan berbagai jenis pohon buah-buahan sehingga dapat mendorong masyarakat agar bisa mengembangkan sektor pertanian dan diharapkan dapat membuka lapangan kerja.

"Jika rencana ini dapat terwujud, maka daerah tersebut akan menjadi kawasan agrowisata, dan selanjutnya akan didampingi oleh pihak Disparpora Aceh Tamiang," kata Yunus, SP.

"Dengan adanya agrowisata yaitu perpaduan keindahan air terjun dan keanekaragaman tanaman buah-buahan, akan menarik banyak pengunjung ke desa Suka Makmur, dan secara otomatis akan menghasilkan income bagi warga masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Datok Penghulu Desa Suka Makmur, Abdul Latief, berharap semoga dengan adanya kunjungan Wakil Bupati Aceh Tamiang beserta rombongan dapat terealisasi sehingga harapan masyarakat agar Desa Suka Makmur bisa lebih maju dapat terealisasi.[ZF]
Komentar

Tampilkan

Terkini