Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Yuk! Ajari Anak Kita Memanah, Olahraga 'Paling Disukai' Rasulullah

Share it:
Sejak berabad-abad lalu, Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam agar rajin olahraga. Dalam riwayat Hadits Sahih Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda, "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah". (HR. Sahih Bukhari dan Muslim)

Namun demikian, memanah adalah olah raga yang paling disukai oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Banyak sekali motivasi dari Nabi kepada umatnya untuk belajar memanah.

Di antaranya, sabda Nabi, " Sesungguhnya Allah akan memasukkan tiga orang ke dalam Jannah karena satu anak panah, orang yang membuatnya dengan tujuan baik, orang yang melemparkannya dan orang yang menyiapkannya. Hendaklah kalian memanah dan berkuda, sedangkan memanah lebih aku sukai dari pada berkuda.” (HR Tirmidzi).

Selain itu, sebuah hadits lainnya disebutkan tentang keutamaan memanah, "Barangsiapa yang menembak satu panah kepada musuh baik kena atau tidak kena, pahalanya setara dengan memerdekakan budak". (HR. Ibnu Majah 2286, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah)

Begitu kuat anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya untuk belajar memanah, hingga banyak keringanan khusus yang berlaku bagi orang yang memanah.

Suatu kali Nabi bersama Abu Bakar dan Umar melewati orang-orang yang berlatih memanah. Salah seorang yang hendak melepaskan anak panah berkata, “Demi Allah, ini pasti kena!” Ternyata panahnya meleset. Lalu Abu Bakar berkata, "Ia telah melakukan dosa wahai Rasulullah!" Tapi Rasulullah bersabda, "Sumpahnya orang yang sedang berlatih memanah itu tidak dianggap laghwun, tidak berdosa dan tidak ada kafarahnya."  (HR. Thabrani).

Sudahkah kita mengajarkan anak-anak  kita berolahraga memanah?

Perlu kita ketahui bahwa melatih anak-anak memanah lebih baik dilakukan sejak usia mereka masih kecil. Karena belajar menguasai sesuatu akan menjadi lebih mudah bila dikerjakan di usia dini.
Berolahraga sekaligus bermain merupakan dua hal yang menyenangkan. Kita sebagai orang tua, bisa turut serta berlatih dan bermain bersama anak-anak. Selain bermanfaat untuk melatih kekuatan fisik, juga mendapatkan pahala, Insya Allah.

Patut juga kita pahami bahwa panahan untuk anak-anak menawarkan manfaat bagi perkembangan fisik dan mental mereka. Selain itu, berlatih panahan memberikan banyak keuntungan bagi perkembangan motorik halus dan kasar si kecil. Sedikitnya ada 5 manfaat olahraga panahan untuk anak yang perlu orangtua ketahui.

Apa sajakah itu? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Mengontrol keseimbangan tubuh anak

Ada beberapa anak yang memiliki masalah dengan keseimbangan dan koordinasi tubuhnya. Padahal, keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah, karena ia harus dapat menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan.
Dengan berlatih memanah, hal ini akan membantu anak untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target.
Semakin banyak anak berlatih, maka otot inti terbiasa untuk menyeimbangkan tubuhnya.

2. Mengajarkan kesabaran pada anak

Meski olahraga panahan terlihat minim gerakan karena hanya berdiri dan membidik tujuan, namun kegiatan ini dapat melatih kesabaran anak. Pasalnya terburu-buru bukanlah teman bagi pemanah. Jika tidak sabaran saat melepaskan panah, maka hanya menyebabkan salah sasaran. Oleh sebab itu, panahan merupakan cara yang baik untuk mengajarkan kesabaran pada anak.
Dengan latihan memanah secara berkala, anak belajar untuk menahan diri untuk tidak terburu-buru saat melepaskan anak panah menuju sasaran. Hal ini akan membentuk karakter anak yang sabar dan tidak asal cepat meraih target.

3. Melatih daya fokus anak

Meski terlihat statis, namun olahraga panahan juga membutuhkan kekuatan konsentrasi 
yang tinggi dan cukup menantang.
Saat melakukannya, anak dituntut untuk membidik target dari jauh setepat mungkin, sehingga secara tidak langsung dapat melatih daya fokus antara pikiran, emosi dan gerak psychomotoric anak.
Sementara daya fokus sangat penting untuk kesehatan mental anak. Semakin ia terfokus pada target, maka akan mudah pula baginya untuk menjernihkan pikiran dan membidik secara tepat.

4. Menguatkan otot tangan anak

Sama seperti olah raga lainnya, memanah juga membutuhkan pemanasan. Melakukan pemanasan khusus dilakukan agar tubuh bisa lebih lentur dan kuat saat memanah.
Pasalnya olahraga ini harus bisa menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, otot dada, bahu dan punggung. Jika ia terlatih untuk menggerakkan dan mengarahkan busur panah, maka otot tangan si Kecil akan semakin kuat dan lentur.

5. Mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi

Pada umumnya, anak yang bergerak aktif dan gemar olahraga akan mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi. Begitu juga dengan olahraga panahan, secara tidak langsung mereka dapat memanah yang memiliki daya tarik tersendiri.
Ini bisa disebabkan oleh rasa percaya diri mereka untuk dapat mencapai target.
Tingkat kepercayaan diri yang didapat anak dari olah raga panahan pun akan berpengaruh pada kegiatan sehari-harinya. Jika anak konsisten latihan memanah, maka bisa mendapatkan kelima manfaat di atas. Bahkan olahraga ini juga dapat dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi anak yang super aktif agar bisa lebih tenang.

*Disarikan dari berbagai sumber

Share it:

syiar

Post A Comment: