-->




Aceh Tamiang Tetapkan Status ODP Virus Corona Sejumlah 19 Orang, Terus Menurun

23 Maret, 2020, 15.30 WIB Last Updated 2020-03-23T08:30:39Z
LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Setelah terbitnya data tentang jumlah orang dalam pantauan (ODP) virus Covid-19 yang dilansir melalui website resmi Dinas Kesehatan Aceh, pada Minggu (22/03/2020) sekira pukul 17.00 WIB, dan pukul 22.00 WIB kemarin, hari ini, Senin (23/03/2020) Humas Setdakab Aceh Tamiang menyampaikan informasi terkini tentang perkembangan virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China tersebut.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Setdakab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, S.STP., M.Si, melalui siaran pers mengatakan, Dinas Kesehatan setempat melalui Puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Tamiang telah melakukan pemeriksaan terhadap 183 orang yang telah mempunyai riwayat perjalanan dari daerah transmisi penyebaran virus Covid-19 pada tanggal 20 Maret 2020 kemarin, dan hasil pemeriksaan suhu tubuh ditemukan 19 orang yang mengalami gejala batuk disertai pilek, juga gejala demam. 

"Tim Dinas Kesehatan Aceh Tamiang telah menetapkan 19 orang tersebut kedalam status orang dalam pantauan (ODP) sehingga seluruhnya telah terdata menjadi 23 orang, dimana 3 orang telah selesai dilakukan pemantauan selama 14 hari, dan 1 PDP sudah di rujuk ke RSU Cut Meutia Aceh Utara," ujarnya.

Devi juga menyampaikan, selanjutnya Dinas Kesehatan Aceh Tamiang akan terus melakukan pemeriksaan dan pemantauan kepada masyarakat yang telah melakukan perjalanan dari daerah atau wilayah transmisi penyebaran virus Covid-19.

Devi turut menghimbau kepada masyarakat  lagar dapat melapor ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan awal oleh petugas kesehatan sebagai upaya pencegahan.

"Pemkab Aceh Tamiang meminta kepada masyarakat untuk tidak panik dan resah dengan informasi yang dikeluarkan sebab status ODP dan PDP belum tentu terpapar virus Corona, bisa saja pasien mengalami gejala sakit pada umumnya," terang Devi.

"Informasi ini dikeluarkan sebagai bentuk keterbukaan  dan reaksi cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang sangat meresahkan masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Minggu (22/03/2020) sekira pukul 17.00 WIB, melalui website resmi Dinas Kesehatan Aceh dikabarkan bahwa jumlah ODP di Kabupaten Aceh Tamiang berjumlah 212 orang, dan sekitar 5 (lima) jam kemudian, yakni sekira pukul 22.00 WIB, data ODP turun menjadi 24 orang. [ZF]

Komentar

Tampilkan

Terkini