-->

Iklan

Seluruh Puskesmas di Aceh Tamiang Bergerak 'Cegah Penyebaran' Virus Corona

24 Maret, 2020, 17.05 WIB Last Updated 2020-03-24T10:05:41Z
LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Segala upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 (Corona) di Bumi Muda Sedia, termasuk menggerakkan seluruh Puskesmas sebagai garda terdepan 'penjegahan' virus yang mematikan tersebut.

Informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com Selasa (24/03/2020), Pukesmas di Kabupaten Aceh Tamiang yang telah bergerak melakukan sosialisasi pencegahan virus Covid-19 (Corona), mulai Senin (23/03/2020) kemarin, salah satunya adalah Puskesmas Kecamatan Bandar Pusaka.

Dikabarkan saat melakukan sosialisasi kemarin, Puskesmas Kecamatan Bandar Pusaka melakukan kerjasama dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Kampung, lalu turun ke kampung-kampung. Dengan menggunakan pengeras suara, memberikan penjelasan tentang bahayanyagggg virus Corona.

Dalam kegiatan keliling-keliling kampung kemarin, para petugas informasi turut menyampaikan kepada masyarakat agar cepat tanggap terhadap gejala-gejala Covid-19 (Corona), karena gejala awal yang dirasakan hampir sama dengan gejala sakit pada umumnya seperti demam tinggi, batuk, pilek, sakit tenggorokan, lemah lesu dan sesak nafas.

Petugas turut menjelaskan bahwa virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Jika gejala-gejala itu muncul dihimbau agar secepatnya melakukan pemeriksaan diri ke Puskesmas terdekat.

Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Bandar Pusaka, Sunijar, SKM, melalui awak media juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang mengalami ciri-ciri seperti itu harap segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau bidan terdekat, hindari bepergian ke luar daerah, khususnya daerah transmisi penyebaran virus Corona

Sunijar menjelaskan, dengan adanya himbauan yang disebarkan oleh Petugas Puskesmas, diharapkan masyarakat berupaya waspada dan tidak menganggap sepele mengenai virus Covid-19 sehingga dapat mawas diri dan menjaga kebersihan,  mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

"Upaya pencegahan harus kita lakukan sekarang, jangan sampai wabah ini ada di daerah kita dan memakan banyak korban. Kita harus menyadari tentang pentingnya berdiam di rumah sementara ini, dan jangan menganggap remeh terhadap wabah virus Corona, demikian  pesan yang disampaikan Sunijar. [ZF]


Komentar

Tampilkan

Terkini