Iklan

Dampak Covid-19, Aceh Selatan Terima 5.933 Paket Sembako Untuk Masyarakat Miskin

22 April, 2020, 20.18 WIB Last Updated 2020-04-22T13:18:00Z
Kabid Penanganan Fakir Miskin, Fachrial, menyerahkan paket sembako secara simbolis yang diterima oleh Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran di halaman kantor Bupati Aceh Selatan.

LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Paket sembako dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh, untuk masyarakat miskin yang ekonominya terdampak akibat pandemi Covid-19 atau Virus Corona, tiba di Kantor Bupati setempat, Rabu (22/04/2020) siang tadi.

Kedatangan sembako sebanyak 5.933 paket tersebut ikut diantarkan oleh sejumlah Truck TNI dari Kodam Iskandar Muda, dan disambut langsung oleh Plt. Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran bersama Forkopimda Plus.

Kepala Dinas Sosial Aceh, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin, Fachrial mengatakan paket bantuan sembako ini diberikan berdasarkan data calon penerima yang diterima oleh Dinas Sosial Aceh beberapa waktu lalu, yang ditetapkan dalam SK Bupati Aceh Selatan.

"Dalam SK tersebut, ada sebanyak  5.933 kepala keluarga atau KK yang terdampak ekonominya akibat imbas Covid-19 di Aceh. Maka dari Pemerintah Aceh, sembako ini kami kirim dan diperuntukkan untuk mereka yang telah didata sebelumnya," Fachrial

Fachrial berharap, bantuan berupa beras 10 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 kg, dan sarden 4 kaleng, serta satu dus mie instan tersebut, diberikan kepada mereka yang memang benar-benar layak menerima, sehingga tidak tumpang tindih dengan penerima bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

Untuk itu, dia meminta kepada aparat penegak hukum untuk dikawal jalannya penyaluran paket sembako nantinya, agar tidak ada terjadi penyelewengan dalam penyaluran nantinya.

"Bantuan ini tidak diberikan untuk para penerima PKH dan BPNT, melainkan untuk masyarakat miskin yang selama ini belum mendapat bantuan sama sekali," tegas Fachrial.

Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), Fachrial menyebutkan, total penduduk Aceh Selatan berjumlah 238.081 jiwa dengan angka kemiskinan sebanyak 31.060 jiwa. Sementara itu pemerintah melalui Kementrian Sosial telah membantu masyarakat miskin Aceh Selatan sebanyak 16.880 jiwa melalui bantuan PKH dan BPNT. Kemudian dibantu lagi dengan bantuan Pemerintah Aceh terhadap masyarakat miskin terdampak Covid-19.

"Jika diasumsikan setiap KK atau keluarga penerima manfaat menanggung 4 jiwa, maka total masyarakat Aceh Selatan yang dibantu sebanyak 92.324 jiwa," ujar Fachrial.

Namun, katanya, apabila ada masyarakat miskin baru di Aceh Selatan yang belum mendapat bantuan sama sekali. Ia berharap disinilah peran Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk membantu masyarakat tersebut dengan skema bantuan pemerintah daerah.

"Semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban dan berguna bagi masyarakat Aceh Selatan," kata Fachrial.

Sementara itu, Plt Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, langsung meminta para Forkopimda Plus terutama penegak hukum di wilayah hukum Aceh Selatan agar memantau dengan serius pelaksanaan pembagian paket sembako ini nantinya.

"Ini perlu kerja keras kita semua untuk terus mengawal proses pembagian paket sembako ini," ujar Amran.

Di akhir sambutan, Plt Bupati Aceh Selatan itu mengucapkan terima kasih kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang sudah mengirimkan paket sembako untuk masyarakat kurang mampu di Aceh Selatan, dimana perekonomian mereka terdampak oleh pandemik Covid-19.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Aceh, Bapak Gubernur Aceh melalui Dinas Sosial Aceh yang telah menyalurkan bantuan ini untuk masyarakat kurang mampu di Aceh Selatan," katanya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini