Iklan

Jelang Ramadhan 1441 H, Karang Taruna Sriwijaya dan PMI Aceh Tamiang Gelar Donor Darah

19 April, 2020, 15.44 WIB Last Updated 2020-04-19T12:03:02Z
LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah hanya tinggal hitungan hari, dan saat menjalankan ibadah puasa tidak memungkinkan aktivitas donor darah dilakukan dipagi hari, melainkan pada malam hari hingga berdampak pada menurunnya stock darah di RSUD Aceh Tamiang. 

Sedangkan kebutuhan darah sangat dibutuhkan, baik untuk proses melahirkan, kecelakaan lalulintas dan lainnya. Tidak hanya dalam situasi kedaruratan, darah juga dibutuhkan dalam kasus tertentu seperti pengobatan pasien thalasemia, demam berdarah, kanker, kelainan ginjal hingga pasien yang membutuhkan tindakan operasi.

Dalam rangka membantu ketersediaan darah saat bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah, Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Tamiang bekerja sama dengan Karang Taruna Kampung Sriwijaya melakukan kegiatan donor darah, Minggu (19/04/2020).
Pantauan LintasAtjeh.com, kegiatan donor darah tersebut berlangsung di Gedung TPA Kampung Sriwijaya, Kecamatan Kota Kualasimpang.

Kepala Markas PMI Aceh Tamiang Amarullah, ST, saat dikonfirmasi kegiatan donor darah yang diikuti oleh 35 Karang Taruna Kampung Sriwijaya ini adalah kerjasama antara PMI dengan UTD RSUD Aceh Tamiang.

Amarullah yang akrab dipangil Adon turut menyampaikan harapannya semoga kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh Karang Taruna kampung-kampung lain yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Lanjutnya, untuk proses kegiatan bisa menghubungi PMI Aceh Tamiang agar nantinya dibantu tahapan persiapannya, mengingat waktu normal hanya tinggal 6 hari lagi sebelum menjalankan ibadah puasa.

"Tidak perlu khawatir, karena donor darah aman dari dampak virus corona (covid-19) karena semua dilakukan dengan prosedur standar donor darah," demikian terang Adon. 

Sementara itu, Ketua PMI Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn, mengajak masyarakat kabupaten setempat untuk berbagi kebaikan, dengan melakukan donor darah. Bisa dilakukan dengan cara, menghubungi PMI atau datang langsung ke RSUD Aceh Tamiang

"Mari kita berdonor agar stock darah di bulan Ramadhan 1441 Hijriah tetap tercukupi," pinta Mursil yang juga Bupati Aceh Tamiang.[ZF]
Komentar

Tampilkan

Terkini