-->


Pasien Positif Corona di RS Siloam Lahirkan Bayi dengan Kondisi Sehat

05 Mei, 2020, 11.41 WIB Last Updated 2020-05-05T04:41:43Z
LINTAS ATJEH | JAKARTA - Seorang ibu yang positif terkonfirmasi Covid-19 berinisial EF, melahirkan bayi di RS Siloam Kelapa Dua, Tangerang, pada 28 April 2020 pukul 14.28 WIB. 

Bayi berjenis kelamin laki-laki, dengan panjang 47 cm, lingkar kepala 33 cm, dan berat 2,88 kg itu lahir dalam keadaan sehat melalui operasi caesar. Hal ini tentu menjadi kabar baik di tengah berlangsungnya pandemi. Meski sang ibu positif Covid-19, namun sang jabang bayi tetap sehat. 

Dalam rilisnya, Selasa (05/05/2020), Dr. Jacobus Jeno Wibisono, Sp.OG yang merupakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan memimpin proses operasi caesar bersama dokter spesialis anak, dr. Angelina, Sp.A dan dokter spesialis anestesi, dr. Ronald Christian Agustinus Aritonang, Sp.An.  

RS Siloam Kelapa Dua menerapkan protokol yang ketat untuk operasi Caesar pada pasien penderita Covid-19. Jumlah petugas kamar operasi dibuat seminimal mungkin. Para petugas juga seluruhnya menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Setelahnya, dilakukan pembersihan ruangan setelah operasi secara menyeluruh sesuai standar yang berlaku.

"Seluruh tim yang terlibat dalam operasi menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3," ujar Jacobus.

Semua tindakan operasi dilakukan dengan baik sesuai prosedur yang berlaku. Begitu pula pasca-operasi, ruangan dibersihkan secara menyeluruh sesuai standar yang berlaku. 

Kini, kondisi kesehatan ibu dan bayi stabil. Ibu dan bayi saat ini dirawat di ruangan yang terpisah sehingga bayi tidak disusui langsung oleh ibunya. Namun bayi tetap diberikan ASI. 

Menurut Jacobus, Tim Dokter RS Siloam Kelapa Dua terus memantau perkembangan kondisi bayi dan memperhatikan dengan seksama apabila ada gejala yang muncul. Proses swab-PCR test untuk bayi juga dilakukan untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya.  

Vice President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, mengatakan semua perawat, dokter dan staf medis RS Siloam Kelapa Dua sangat bahagia atas kelahiran tersebut dan ikut mendoakan kesehatan ibu dan bayinya. 

Caroline menyampaikan, kelahiran bayi melalui proses caesar yang berjalan sukses menjadi bukti bahwa RS Siloam selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pasien meski dalam situasi tidak nyaman di tengah Covid-19. Siloam juga menerapkan protokol penanganan pasien dan lingkungan rumah sakit sesuai standar WHO.  

Ibu dan ayah dari si bayi pun mengucap syukur atas lancarnya proses kelahiran di tengah pandemi Covid-19 ini. Keduanya mengucapkan terima kasih kepada dokter, perawat, dan tim medis yang setia menemaninya pada masa sulit dan berat seperti ini. 

Sang ibu berinsial EF mengucapkan rasa bersyukur dan bahagia atas lancarnya tindakan kelahiran sang putra. "Terima kasih kami ucapkan, kepada dokter, perawat, dan tim medis yang setia menemani kami pada masa sulit dan berat seperti ini. Semua hal tersebut sangatlah berarti," ucapnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini