Iklan

Efektifitas dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

30 Juni, 2020, 06.41 WIB Last Updated 2020-06-29T23:42:04Z
Ilustrasi belajar dari rumah
PEMBELAJARAN daring mau tidak mau  harus tetap dilakukan dalam pandemi  Covid-19 ini. Hal ini sesuai dengan yang sudah disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yaitu menginisiasi program “ Belajar dari Rumah”. 

Dan juga mengikuti kebijakan Presiden Joko Widodo yaitu physical distancing dan social distancing dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

Karena situasi saat ini tidak memungkinkan adanya proses pembelajaran tatap muka secara langsung, oleh karena itu pemerintah Indonesia menetapkan proses daring sebagai suatu pilihan dalam pembelajaran.

Seperti yang kita ketahui bersama efektifitas belajar secara daring ini sangatkah tidak efektif dan efisien karena kurangnya kefokusan mahasiswa dalam kondisi seperti ini .

Hal ini juga membuat para mahasiswa kewalahan dalam pembelajaran disebabkan banyaknya kendala yang dihadapi dalam pembelajaran seperti jaringan internet, kuota internet, yang dimana pembelajaran ini di rasa kurang efektif oleh mahasiswa.

Harapan dari mahasiswa kepada pemerintah selama pandemi ini agar bisa memberikan kebijakan dengan membuka gratis pelayanan aplikasi daring bekerjasama dnegan internet dana aplikasi untuk dapat mempermudah dan membantu para mahasiswa dalam pembelajaran daring ini.

Menurut penulis pribadi, perkuliahan tatap muka memang tidak dapat digantikan dengan apapun.

Penulis: Masda Huri (Mahasiswi Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar Raniry Banda Aceh)
Komentar

Tampilkan

Terkini