Iklan

Pentingnya Kesadaran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Plastik

23 Juni, 2020, 10.46 WIB Last Updated 2020-06-23T03:46:50Z
SALAH satu factor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang saat ini masih tetap menjadi salah satu hal yang tidak dapat dimusnahkan yaitu limbah sampah yang dapat dilihat ada yang di berbagai tempat.

Kantong plastik telah menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola, diperlukan waktu puluhan tahun bahkan ratusan tahun untuk membawa sampah bekas kantong plastik itu benar-benar dilenyapkan. Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari sangat pesat sehingga menyebabkan tingkat ketergantungan manusia pada plastik semakin tinggi.

Hal tersebut karena plastik merupakan bahan pembungkus ataupun wadah yang praktis dan kelihatan bersih, mudah ditemukan, tahan lama, juga berharga murah. Tetapi, dibalik itu banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahaya dari plastik, cara penggunaan yang benar dan dampak negatif dari sampah plastik sangat besar sekali.

Pencernaan sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan. Berbagai upaya untuk penanggulangan limbah plastik telah banyak dilakukan. Hal ini sangat penting mengingat limbah plastik sebagai salah satu penyumbang terbesar bagi kerusakan lingkungan, mengatasi persoalan sampah terutama sampah plastik. Yang terpenting adalah bagaimana memahami jenis dan membedakan perlakuan terhadap jenis sampah yang dihasilkan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pengolahan sampah plastik adalah dengan menyebarluaskan informasi dan dapat dilakukan dengan mengadakan sosialiasi langsung terhadap masyarakat. Sosialisasi dilakukan mengenai pengolahan sampah plastik menjadi hal yang sangat penting guna mengurangi penggunaannya dan menambah pengetahuan masyarakat untuk dapat mengolah sampah plastik. JAGALAH KEBERSIHAN!!!

Penulis: Fitri Handayani (Mahasiswi Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Komentar

Tampilkan

Terkini