-->




Positif Covid-19, Warga Tamiang Dirujuk ke RSUZM Aceh Timur Untuk Perawatan Lebih Intensif

09 Juni, 2020, 09.15 WIB Last Updated 2020-06-09T02:15:50Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Pasien konfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang ke-19 di Aceh, berinisial Muk (51), warga Kabupaten Aceh Tamiang, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Zubir Mahmud (RSUZM) Aceh Timur, Minggu (07/06/2020) sekira pukul 09.30 WIB, untuk percepatan penyembuhannya. 

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani, menjawab awak media di Banda Aceh, Senin (08/06/2020). 

Berdasarkan informasi dari Juru Bicara Pemkab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, selama ini Muk diisolasi rumah, dan dirujuk ke RSUZM agar penanganannya lebih intensif. 

"Alasan MUK dirujuk ke RSUZM untuk lebih mudah perawatan dan percepatan penyembuhannya," ujar SAG, sesuai informasi yang diterima dari Aceh Tamiang. 

SAG menjelaskan, sejak awal MUK tidak sakit berat dan yang perlu bantuan peralatan medis di rumah sakit. Karena itu ia dirawat di rumahnya sesuai Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat Covid-19 di Indonesia. Pada saat di rujuk ke RSUZM pun kondisi umumnya sangat baik, sambung Jubir Covid yang akrab dipanggil SAG itu. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, MUK memiliki riwayat perjalanan ke Medan, Sumatera Utara. Ia mengetahui positif Covid-19 usai berobat ke IGD RSUD Aceh Tamiang. Saat itu MUK memiliki gejala demam tinggi dan gejala batuk-batuk, pada tanggal 18 Mei 2020. Karena ada riwayat ke daerah penularan virus corona, ia pun di rapid. 
Hasil rapid test yang dilakukan RSUD Aceh Tamiang itu menunjukkan reaktif virus. "Karena itu dilanjutkan dengan pengambilan swab cairan tenggorokan dan hidungnya, kemudian dikirim ke Laboratorium RT-PCR Balai Litbangkes Aceh, Lambaro, Aceh Besar," ujar  SAG. 

Hasilnya, MUK terkonfirmasi positif Covid-19, sesuai laporan Kepala Balai Litbangkes Aceh, Dr Fahmi Icwansyah, S.Kp, MPH, kepada Kepala Penanggulangan Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Aceh, dr Hanief, pada 21 Mei 2020. 

"MUK sudah18 hari berobat, namun hasil uji swab terakhir masih saja positif. Semoga perawatannya yang intensif di RSUZM bisa segera sehat," imbuh SAG.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini