-->

Iklan

Warga Gedubang Protes, Camat Langsa Baro: Surat Itu Bukan Perintah Tetapi Saran

24 Agustus, 2020, 19.30 WIB Last Updated 2020-08-25T00:23:15Z
LINTAS ATJEH | LANGSA - Camat Langsa Baro, Zaldi Sofyan, SSTP, MSP menegaskan bahwa surat yang ditujukan kepada Geuchik Gedubang Jawa tentang pengajuan calon kepala dusun tersebut bukanlah perintah tetapi saran dan hal itu merupakan balasan dari usulan dari surat usulan pemerintah gampong.


"Itu surat balasan saya bukan surat perintah atas surat usulan Geuchik Gedubang Jawa yang mencantumkan dua nama calon Kadus. Namun yang diusulkan tidak sesuai dengan Permendagri sehingga saya menyarankan untuk mengangkat kembali pejabat lama,"   ujar Camat Langsa Baro, Zaldi Sofyan, SSTP, MSP kepada LintasAtjeh.com melalui telepon selulernya, Senin (24/08/2020).

Kemudian, sambung Camat Langsa Baro, beberapa hari yang lalu warga Gampong Gedubang Jawa datang beramai-ramai ke Kantor Camat untuk mempertanyakan perihal surat tersebut. 

"Warga menyampaikan tidak terima jika dipimpin oleh Kadus Bahagia yang lama diangkat kembali karena masalah tempo hari. Kemudian saya menjawab, ya sudah kalau gak terima. Sebenarnya ini wewenang pak geuchik," jelas Zaldi.

"Karena wewenang pak geuchik maka saya balas lah surat tersebut. Surat itu saran bukan perintah," kata Zaldi.

Ia juga menyampaikan bahwa pengangkat kadus itu sepenuhnya wewenang Geuchik sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 67 tahun 2017.

"Kami baru menerima surat lagi dari Geuchik Gedubang Jawa, nanti kami balas lagi surat itu. Dan saya sudah hubungi pak geuchik, saya katakan pak geuchik jangan repot-repot. Untuk mengisi kekosongan jabatan itu tinggal mengikuti Permendagri nomor 67 tahun 2017," aku Camat Langsa Baro tersebut.

"Karena yang pakai kadus itu pak geuchik, jadi jangan bingung-bingung," imbuhnya.

Sementara itu, Safrial Anuar, Geuchik Gedubang Jawa membenarkan bahwa surat dari Camat Langsa Baro tersebut merupakan balasan surat dari pihaknya. 

"Surat dari Camat Langsa Baro tersebut setelah saya tela'ah itu hanya sebatas usulan," ujar Anuar.

"Kami sudah melakukan rapat untuk membalas kembali surat dari Camat Langsa Baro tersebut," imbuhnya.

Apa yang disampaikan Geuchik Gedubang Jawa dibantah oleh salah seorang Perangkat Gampong Gedubang Jawa yang tidak ingin disebutkan namanya. 

"Pak geuchik berbohong telah melakukan rapat untuk membahas surat dari Camat Langsa Baro tersebut. Memang beberapa hari lalu pak geuchik mengatakan akan mengadakan rapat pada hari Sabtu, tapi hingga kini belum ada rapatnya," ujarnya. [Sm]
Komentar

Tampilkan

Terkini