-->








Hujan Deras Landa Abdya, Sejumlah Desa Tergenang Banjir Luapan

01 September, 2020, 12.07 WIB Last Updated 2020-09-01T05:07:23Z
LINTAS ATJEH | ABDYA - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya(Abdya) sepanjang sejak sore hingga malam tadi membuat sejumlah gampong terendam banjir. 

Informasi yang dihimpun Lintas Atjeh.com, banjir yang melanda sejumlah gampong tersebut akibat luapan air sungai yang tidak mampu menampung debit air. 

Camat Setia, Raifin, Selasa (01/09/2020) menyebutkan, hujan deras sepanjang sore kemarin telah mengakibatkan beberapa desa di Kecamatan Setia terendam banjir luapan.

"Dari hasil pantauan kita semalam ada sejumlah desa di Kecamatan Setia yang mengalami musibah banjir luapan seperti Desa Ujong Tanah, Lhang, Tangan-tangan Cut, Alu Dama," jelasnya.

Selain pihak Kecamatan, Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, Petugas Tagana juga ikut memantau daerah-daerah yang terjadi dampak banjir luapan di Kecamatan Setia serta Kecamatan lain dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya.

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan, banjir luapan yang terjadi diakibatkan oleh beragam masalah, dari penyempitan saluran pembuang, sendimentasi, sehingga air luapan itu merendam sejumlah rumah dan jalan penghubung antar desa setinggi 80 cm.

Sementara itu, untuk kerugian sendiri, Raifin belum mengetahui secara pasti, yang jelas pihaknya telah memberitahukan kepala desa untuk mendata semua masyarakat terdampak banjir.

“Kita juga meminta kepada masyarakat agar tetap waspada dan siap siaga jika sewaktu-waktu dilanda banjir dan relawan yang ada di desa juga kita minta siap siaga bila sewaktu-waktu terjadi banjir atau musibah yang lainnya," demikian tutup Raifin.]Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini