-->

Iklan

Hand Sanitizer Berbahan Alami Produksi Mahasiswa KKN Unimal K218

26 November, 2020, 22.55 WIB Last Updated 2020-11-26T15:55:31Z

LINTAS ATJEH | ACEH UTARA - Mahasiswa KKN Kelompok 218 Universitas Malikussaleh yang diketuai oleh Wahyu Alpahira dan beranggotakan Muhammad Asril Wijaya Siregar  melaksanakan kegiatan pembuatan hand sanitizer di Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. 

Program kegiatan pembuatan hand sanitizer merupakan ide yang baik dalam menghadapi penyebaran virus corona 2019. Belakangan ini berita penyebaran virus Covid-19 sangat meresahkan masyrakat dengan grafik peningkatan korban yang terus meningkat, mulai dari korban terjangkit hingga yang meninggal dunia. 

Pemerintah yang bekerjasama dengan instansi kesehatan terus memberikan solusi dan penanganan yang terbaik untuk masyarakat agar virus ini tidak menyebar luas hingga memakan jatuhnya korban. Penggunaan hand sanitizer merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga penyebaran virus agar tidak menular. 

Pembuatan hand sanitizer yang dilakukan oleh Kelompok 218 menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, jeruk lemon dan daun sirih dicampurkan dengan cairan alkohol sebagai bahan utamanya. Kandungan bahan alami yang dicampurkan diolah terlebih dahulu untuk dapat disatukan dalam satu wadah dengan takaran yang sudah ditentukan.


Kelompok yang dibimbing oleh Husni, S.H., M.H, ini akan memberikan hasil pembuatan hand sanitizer kepada masyarakat disekitar Desa Tambon Tunong.


“Pembuatan hand sanitizer ini akan kita berikan kepada masyarakat Desa Tambon Tunong dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona 2019. Kami juga memberikan sebuah edukasi bagaimana cara mencegah penyebaran, perilaku hidup sehat dan menggunakan dan pembuatan handsanitizer yang baik dan benar kepada pihak yang menerima,” papar Wahyu Alpahira, dikutip redaksi dari keterangannya, Kamis (26/11/2020).

Program kegiatan pembuatan hand sanitizer ini mendapat dukungan positif dari Geuchik Desa Tambon Tunong dalam upaya menangani dan menghadapi pandemi yang terjadi saat ini.


“Kita sangat mengapresiasi teman-teman mahasiswa KKN dan upaya yang dilakukan sangat baik juga berinovasi, dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar pekarangan rumah kita dapat memproduksi hand sanitizer. Ditambah edukasi yang diberikan untuk menambah wawasan masyarakat kita agar lebih bijaksana,” papar Ir. Aguseha H. Alatief, Geuchik Tambon Tunong.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini