-->

Iklan

Kabar Gembira!!! Komunitas Literasi Abdya Terbentuk

14 November, 2020, 12.17 WIB Last Updated 2020-11-14T05:17:38Z

LINTAS ATJEH | ABDYA - Sejumlah penulis di Abdya membentuk satu komunitas literasi yang diberi nama Seduhan Aceh Untuk Literasi Umat (Saleum). Komunitas ini digagas oleh H. Roni Haldi, Lc dan beberapa penulis lainnya seperti Aris Faisal Djamin, S.H, Fadhlullah Mudzakkir, S.H dan Rahmatullah Mufassir, S.H.


Komunitas Saleum memfokuskan forum diskusi dalam bentuk bedah buku, kajian pemikiran, kajian tematik, dan respon isu. 


"Alhamdulillah program kita di Saleum sudah disusun, dan yang kita fokuskan itu kepada kajian tematik, bedah buku, kajian pemikiran, dan respon isu," ungkap H. Roni Haldi Lc. 


Selain itu, menurut Rahmatullah Mufassir, S.H, Komunitas Saleum juga merencanakan output dari diskusi seperti terbitnya jurnal ilmiah , buku, dan seminar. Sehingga nantinya budaya Literasi dan kekayaan ilmu pengetahuan itu terbentuk dalam masyarakat Aceh Barat Daya dan Aceh pada umumnya.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Aris Faisal Djamin, S.H. Menurutnya budaya literasi di masyarakat Aceh sudah agak menurun. Sehingga dampaknya dirasakan seperti menurunnya budaya membaca dan menulis, padahal Aceh dulu terkenal akan budaya menulis kitab dan keilmuan yang tinggi.


Oleh karena itu, kedepan Komunitas Saleum juga merencanakan terbentuknya Rumah Literasi di Aceh Barat Daya, sebagai wadah keilmuan baru dalam perkembangan Literasi Aceh.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini