-->


Aceh Timur Dikepung Banjir, Ruas Jalan Lintas di Kawasan Peureulak Macet Panjang

06 Desember, 2020, 17.29 WIB Last Updated 2020-12-06T11:49:54Z

Bripka Muktazillah (Tazil)

LINTAS ATJEH | ACEH TIMUR - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kaputen Aceh Timur dalam hari terakhir ini telah menyebabkan hampir seluruh kecamatan di kawasan itu dikepung banjir.

Data yang diperoleh LintasAtjeh.com dari Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur, Minggu (06/12/2020) menyebutkan, 15 Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur terendam banjir.

Kepala BPBD Aceh Timur Ashadi mengatakan, tercatat 1.931 jiwa dalam 481 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi ke rumah tetangga dan mushala. Sedangkan 6.220 KK dari 24.315 jiwa masih bertahan di rumah masing-masing.
15 dari total 24 kecamatan di Aceh Timur yang terendam banjir yakni Kecamatan Pereulak Timur, Julok, Peudawa, Sungai Raya, Indra Makmur, Bireum Bayeun, Pereulak, Ranto Pereulak, Pante Bidari, Idi Tunong, Darul Salam, Pereulak Barat, Idi Rayeuk, Darul Ihsan dan Madat.

"Banjir terparah terjadi di Kecamatan Peureulak, Ranto Peureulak dan Sungai Raya," sebutnya.

Selain merendam ribuan rumah warga, beberapa titik ruas jalan lintas Banda Aceh-Medan, Sumatera Utara, juga ikut tergenang air sehingga mengakibatkan kemacetan panjang dari dua arah berlawanan.
"Ada beberapa titik jalan negara yang tergenang hingga berdampak kemacetan, seperti Kota Peureuk, Desa Kampung Baro - Idi Cut Kecamatan Darul Aman, Desa Meudang Ara - Kecamatan Nurussalam dan di Sungai Raya," tutur Ashadi.

"Rantau Peureulak lumpuh total. Arus transportasi ke Lokop dan Blang Kejeren putus di Aceh Timur. Sementara itu di Desa Beurandang, Kecamatan Ranto Peureulak, genangan air mencapai 1,5 meter" ungkapnya lagi.

Pantauan LintasAtjeh.com, semenjak Sabtu malam sampai dengan saat ini ruas jalan lintas di Kawasan Peureulak masih terlihat macet panjang sehingga secara spontan para personel jajaran Polsek Peureulak melakukan penertiban arus lalu lintas di ruas jalan yang tergenang banjir.

Dengan kehadiran para personel Polsek Peureulak kemacetan arus lalu lintas yang di kawasan tersebut sudah mulai berkurang.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini