-->

Iklan

Bupati Aceh Tamiang Respon Cepat Penanganan Abrasi Tanggul Sungai di Rantau Pakam

24 Desember, 2020, 01.42 WIB Last Updated 2020-12-23T18:42:54Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn, merespon cepat langkah penanganan abrasi tanggul Sungai Tamiang di Kampung Rantau Pakam, Kecamatan Bendahara, dengan melaporkan kondisi darurat tanggul tersebut kepada Gubernur Aceh.


Abrasi tanggul tersebut juga mendapat respon dari Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang. Mereka turun dan meninjau ke lokasi abrasi tanggul, Senin (22/12/2020).

Peninjauan itu dipimpin Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, dan didampingi Wakil Ketua I Fadlon SH, Wakil Ketua II Muhammad Nur serta beberapaa Anggota DPRK asal Dapil II diantara, Erawati (Golkar), Saipul Sofyan (Demokrat), Maulizar Zikri (Nasdem) serta Sugiono Sukandar (Gerindra).

Ketua DPRK Aceh Tamiang Suprianto, ST, disaat melakukan kunjungan mengatakan, pihaknya meminta Dinas PUPR Bidang Pengairan untuk melalukan evaluasi  daerah-daerah rawan di seputaran bantaran sungai.

Menurut Suprianto, seharusnya pembangunan tanggul dapat dihitung, dengan ketinggian debit air maksimal mampu menahan air.

Kendati demikian, terang Suprianto, pihak legislatif telah menyetujui penggeseran penjabaran anggaran tanggap darurat di Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk merehab tanggul yang jebol sehingga tidak menyebabkan abrasi semakin meluas.

"Kalau bisa dalam waktu dapat segera terealisasi pembangunannya karena agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sedangkan sistem pekerjaannya kita kembalikan ke eksekutif," terangnya lagi.

Suprianto menjelaskan, kebutuhan untuk merehab tanggul yang disetujui untuk penanganan darurat mencapai sekitar Rp. 135. 856.000,-.

"Karena ini darurat, maka kami setujui surat penggeseran anggaran darurat di BPBD, sebab ini juga menyangkut hidup," demikian penjelasan Suprianto. 

Sebelumnya dikabarkan, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang Fadlon, SH, telah melakukan peninjauan ke lokasi tanggul sungai di Kampung Rantau yang terkena abrasi, pada Kamis (17/12/2020) kemarin.

Saat melakukan peninjauan kemarin, Wakil Ketua Fadlon, SH, turut mengajak PPTK di Bidang Pengairan Dinas PUPR Aceh Tamiang Arfan. [*/Red]


Komentar

Tampilkan

Terkini