-->

Iklan

DPMKPPKB Aceh Tamiang Transformasi Siskeudes Offline Menuju Online

08 Desember, 2020, 03.27 WIB Last Updated 2020-12-07T20:29:18Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) yang dikepalai Mix Donal, SH, membuat terobosan baru dengan menjalankan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara online.

Aplikasi Sis­keudes adalah sebuah aplikasi pengelolaaan keuangan desa yang dikembangkan bersama antara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Aplikasi Sis­keudes bertujuan mewujud­kan pelaksanaan pengelolaan keuangan gampong yang trans­paran, partisipatif, tertib, serta disiplin anggaran sebagaimana diamanatkan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peluncuran (launching) aplika­si Sis­keudes online dengan menggandeng pihak Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) yang berlangsung di Aula Setdakab, Senin (07/12/2020) dilakukan oleh Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn.
Dalam arahannya, Bupati Aceh Tamiang menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Kadis DPMKPPKB, Mix Donal, SH, atas inovasi yang telah dicapai, dan meminta agar para datok terampil mengelola aplikasi tersebut agar mempermudah kinerja dalam mengelola keuangan desa. 

"Saya berharap semua kampung menggunakan aplikasi ini agar pengelolaan keuangan ,dapat menjadi lebih transparan dan akuntabel," demikian disampaikan Bupati Mursil.

Sebelumnya, Kepala Dinas DPMKPPKB Aceh Tamiang, Mix Donal, SH, menyampaikan bahwa Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara online ini merupakan pengembangan dari Siskeudes offline yang telah diterapkan sebelumnya.

"Ini merupakan langkah agar pengelolaan keuangan kampung dapat menjadi lebih transparan dan akuntabel. Setiap Aparatur Pemerintahan Kampung harus mahir dalam mengaplikasikannya," kata Mix Donal. [*/Red]


Komentar

Tampilkan

Terkini