-->

Iklan

Pemkab Aceh Tamiang Gelar Talk Show Virtual "Peningkatan Efektivitas Penyelenggaraan Air Minum di Daerah"

05 Desember, 2020, 01.18 WIB Last Updated 2020-12-06T03:17:29Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setdakab setempat menggelar talk show  "Peningkatan Efektivitas Penyelenggaraan Air Minum di Daerah", Kamis (03/12/2020).


Talk show yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom tersebut berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati Aceh Tamiang. 

Tampak hadir mengikuti acara itu, Kepala Dinas PUPR Ir. Eddy Mofizal, M,Eng, SC dan Direktur PDAM TirtaTamiang Ismail, SE.I, serta para undangan lainnya.

Talk Show menghadirkan narasumber dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Hari Nur Cahya Murni dan Ditjen Bina Keuangan Daerah Budi Santosa. 

Dalam pemaparan, mereka menyampaikan bahwa peningkatan efektivitas penyelenggaraan air minum di daerah sangatlah penting dan paling mendasar dalam pembangunan, meski sebagian wilayah Indonesia dikelilingi air. 

Kendati demikian, krisis air juga dialami oleh Indonesia, terutama air minum. Masalah ini menjadi tantangan berat pemerintah ke depan. Pasalnya, menurut mereka, seiring dengan peningkatan jumlah penduduk, yang pasti juga membutuhkan layanan akses air sistem perpipaan yang juga lebih banyak.

"Tentunya hal ini menjadi PR kita bersama guna mendorong persentase penggunaan anggaran untuk pemenuhan air yang layak, aman dan cukup bagi masyarakat. Dimana kebutuhan dasar akan air selalu meningkat dan berkembang sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan kemajuan diberbagai bidang akibat pembangunan, karena sejalan dengan kemajuan itu semakin meningkat pula kebutuhan warga masyarakat," terang Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Hari Nur Cahya Murni.

"Oleh karenanya peran pemerintah daerah sangat diharapkan, karena salah satu fungsi dari pemerintah adalah melayani kepentingan masyarakat," pungkasnya.

“Dalam hal ini komunikasi antara PDAM dengan Kepala Daerah dan juga DPR di daerah dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) air minum sangatlah diperlukan guna meningkatkan efektivitas air di daerah," sambung Ditjen Bina Keuangan Daerah, Budi Santosa.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini