-->

Iklan

11 Kecamatan Terkepung Banjir, Bupati Aceh Tamiang Kunjungi Posko Pengungsi

22 Januari, 2021, 16.54 WIB Last Updated 2021-01-22T09:55:15Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Banjir yang terjadi di hampir seluruh wilayah Kabupaten Aceh Tamiang menimbulkan kekhawatiran semua pihak, tak terkecuali Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn. Oleh karenanya, Jum’at (21/01/2021) sekira pukul 08.00 WIB, bertempat di Posko Tanggap Darurat Istana Karang, Bupati Mursil bersama segenap unsur Forkopimda berkumpul dan bersiap melakukan peninjauan dan penyerahan bantuan tanggap darurat untuk masyarakat korban banjir. 

Sebelum melakukan peninjauan, Bupati Mursil didampingi Ketua DPRK, Kapolres dan Dandim 0117/Atam, terlebih dahulu menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Camat, Polri, TNI, dan Tim BPBD untuk didistribusikan kepada korban banjir masing-masing wilayah. 

Selanjutnya, Bupati Mursil beserta rombongan melakukan peninjauan di beberapa titik lokasi pengungsian. Rute pertama, mereka mengunjungi Kampung Alur Bemban Kecamatan Karang Baru. Tiba dilokasi ini sekira pukul 09.30 WIB, Bupati Mursil dan rombongan disambut Camat Karang Baru Iman Suhery, S. STP, MSP, serta unsur Forkopimcam dan Datok Penghulu Alur Bemban.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mursil mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sebelumnya juga telah membagikan sembako berupa beras, minyak, telur dan lainnya di semua Kecamatan yang berdampak banjir.

"Ada 11 Kecamatan yang terkena dampak banjir dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang kecuali Manyak Payed. Tentunya karena hal ini, jumlah pengungsi dipastikan mencapaian ribuan orang dan yang paling disayangkan ialah banyaknya padi yang terendam banjir. Oleh karenanya, perlu dukungan dari Pemerintah Aceh dan dari Pemerintah Pusat untuk mendukung langkah-langkah berikutnya terutama masalah sungai, yang mana masalah sungai ini sebenarnya bukan kewenangan dari Pemkab Aceh Tamiang melainkan menjadi kewajiban Pemerintah Provinsi untuk melakukan penanganan," terangnya.
Disamping itu, Bupati Mursil berharap kepada pemerintah pusat untuk dapat membantu memperbaiki sungai dan tanggul yang ada di Aceh Tamiang.

Rute selanjutnya, Bupati beserta rombongan melanjutkan peninjauan pada Kampung Muka Sungai Kuruk, Kecamatan Seruway. Setiba disana sekira pukul 11.00 WIB, rombongan disambut oleh Camat Seruway M.Hans Marta Kesuma S.STP, MSP beserta unsur Forkopimcan dan Datok Penghulu Muka Sungai Kuruk.

Sama dengan sebelumnya, disana Bupati Mursil juga memberikan langsung bantuan kepada para pengungsi.

Dengan penuh rasa prihatin, Bupati Mursil pun berpesan kepada para pengungsi untuk dapat bersabar menghadapi cobaan tersebut dan berdo'a kepada Allah SWT agar musibah ini cepat berlalu.

Selain Bupati, Dandim, Kapolres, dan Ketua DPRK Aceh Tamiang, ada juga Kepala BPBD Aceh Tamiang, Kepala PLN Cabang Kualasimpang, Kepala Bank Aceh Syari’ah dan Kepala BRI Syari’ah yang juga ikut serta meninjau langsung kondisi banjir dan pengungsi.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini