-->








Air Sungai Meluap, Tiga Kecamatan di Aceh Tamiang Terendam Banjir

21 Januari, 2021, 14.10 WIB Last Updated 2021-01-21T13:39:39Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Akibat tingginya intensitas hujan di wilayah hulu Kabupaten Aceh Tamiang telah mengakibatkan air sungai meluap sehingga menyebabkan beberapa desa yang berada di sepanjang aliran sungai mengalami banjir.


Berdasarkan informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com, Kamis (21/01/2021) pagi, banjir yang terjadi pada Rabu (20/01/2021) sekitar pukul 20.00 WIB dengan tinggi muka air 30 sampai 150 sentimeter. Saat ini, air masih menggenangi tiga kecamatan di wilayah tersebut.

Sampai saat ini banjir masih menggenangi pemukiman penduduk di tiga kecamatan, antara lain Kecamatan Bandar Pusaka yang berdampak di Desa Pengidam, Bengkelang, Babo, Serba, dan Desa Pantai Cempa.

Selanjutnya Kecamatan Tenggulun, berdampak di Desa Simpang Kiri serta Kecamatan Sekerak, berdampak di Desa Juar dan Desa Baling Karang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang melaporkan bahwa sebanyak 760 rumah yang terendam, 1.562 jiwa mengungsi serta 3.075 jiwa terdampak bencana tersebut. 

Sampai saat ini BPBD Kabupaten Aceh Tamiang masih  melakukan pendataan serta berkoordinasi dengan perangkat desa.

Berdasarkan analisa InaRisk, Kabupaten Aceh Tamiang memiliki risiko bencana banjir tingkat sedang sampai tinggi dengan 12 kecamatan dan 128.435 jiwa terpapar. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Provinsi Aceh berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat petir dan angin kencang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang masih akan terjadi hingga akhir Februari 2021.

Masyarakat dapat mengikuti informasi resmi prakiraan cuaca melalui BMKG dan mengetahui potensi risiko bencana yang ada disekitar tempat tinggal menggunakan InaRisk.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini